Explore Lampung

Menepi ke Pulau Pisang, Lampung

Setelah menikmati keindahan pantai-pantai di Kaur, Bengkulu, saya dan teman-teman melanjutkan perjalanan ke Krui. Rencananya kami ingin melihat sunset di Pulau Pisang, tapi ternyata harus puas liat sunset di Pantai-ga-tau-namanya. Ga kalah cantik! πŸ˜€ Perjalanan Kaur ke Krui kurang lebih 90 km dan ditempuh selama 3 jam. Karena sudah malam dan ga memungkinkan untuk langsung menyebrang ke Pulau Pisang, kami memutuskan untuk bermalam di Krui. Tenang, di Krui banyak banget pilihan penginapan kok, mulai dari yang murah meriah sampai cottage pinggir pantai langganan elub-elub yang tau lah ya harganya berapa. πŸ˜› Malam itu, kami memilih menginap di Hotel Krui Syariah. Nanti saya review di post terpisah aja ya hehe.

Cara ke Pulau Pisang, Lampung

Keesokan harinya, sekitar jam 7 pagi, kami melanjutkan perjalanan ke Pulau Pisang yang tertunda. Pulau Pisang adalah pulau kecil di pesisir barat Lampung, seluas 231 hektare. Sebenarnya ada dua tempat yang bisa didatangi untuk ke Pulau Pisang, pertama Pelabuhan Kuala Stabas dengan waktu tempuh 45 menit perjalanan laut. Pilihan kedua adalah melalui Dermaga Tembakak, dengan waktu tempuh 15 menit saja. Tentunya kami memilih opsi kedua. Hehe. Ada kejadian lucu di sini. Kita diwajibkan menyewa kapal dengan harga 500k. Trus kita tawar sampe mabok dan cuma turun jadi 400k (PP) itupun harus digabung dengan penumpang lain. Belakangan, kita tau dari yang bareng, mereka cuma bayar 15k sekali jalan. HUHU. Karena mereka bisa bahasa sana dan kita ngga. *BRB les bahasa Krui*

Menyeberang ke Pulau Pisang

Kapal untuk menyeberang ke Pulau Pisang

Sekitar 15 menit menyebrang, kami sampai di Pulau Pisang. Karena go show, jadi ga tau mau ngapain sebenernya hahahaha! πŸ˜› Tapi kami memutuskan untuk ‘cek ombak’ dulu dengan keliling Pulau Pisang. Kami menyewa motor ke warga seharga 50k. Sepanjang mata memandang, Pulau Pisang cukup sepi, pas banget kalau kamu mau menepi sejenak dari hingar bingar kota. Walaupun sepi, tapi internet dengan provider merah cukup kenceng kok. Dan ada listrik! HAHAHA. Jadi jangan takut beneran putus hubungan dengan dunia luar. Kalo kata penduduk, listrik sudah ada kok dari tahun 70-an.

Ada Apa di Pulau Pisang?

Banyak! Ada Mercusuar (sayangnya saat itu mercusuarnya dikunci, jadi kami ga mampir), Makam Keramat, Batu Gukhi, Sekolah peninggalan Belanda, kerajinan tapis, dan tentu saja pantai! Trus ga ada pisang, Ta? Ya menurut ngana aja Beb. πŸ˜› Seriously, pantai di Pulau Pisang caaaaantiiiiikkkkk banget! Tapi save the best for the last ya. Nanti saya tunjukkin fotonya.

Kami mengelilingi Pulau Pisang dengan motor, tanpa pemandu wisata, bermodal tanya-tanya sekitar aja. Tujuan pertama adalah ke mercusuar, tapi malah nyasar dan tau-tau sampai ke Batu Gukhi. Batu Gukhi adalah karang besar yang terlihat seperti wajah manusia. Selain Batu Gukhi, di pantai ini juga ada karang-karang lain yang menambah keindahannya. Walaupun banyak karang, tetep bisa berenang kok, tapi harus hati-hati ya. πŸ™‚

Batu Gukhi di Pulau Pisang

Bentuk love! ❀

Puas menikmati karang, kami melanjutkan perjalanan, namun karena ga tau arah, ditambah salah pilih jalan, saya dan teman jatuh! T___T Entah karena motornya sudah berumur, atau karena licin, jadi motornya ga bisa naik tanjakan, dan akhirnya mundur di tebing, literally nyelongsor mundur turun tebing beberapa meter, saya langsung loncat. Untung gapapa, tapi rantai motornya lepas. HUHU. πŸ™ Akhirnya kita memutuskan balik lagi ke rumah pemilik motor dan alhamdulillah ga dimarahin. Lempeng aja gitu bapaknya, haha. YAY!

Gara-gara insiden tadi, kami memutuskan untuk menyudahi keliling Pulau Pisang haha, jadinya kita melipir ke pantai pasir putih yang terhampar luas di Pulau Pisang aja. MASHAA ALLAH. Sambil ngetik saya masih kebayang cantiknya lho. *lope lope di udara* Pasir putih yang lembut dengan gradasi warna air laut berkilauan, bikin takjub, an absolute feast to the eyes! Karena sepi, jadi berasa pantai pribadi. *halu detected* πŸ˜› Ga perlu jauh-jauh ke ke Maldaiffff, Sist, di Indonesia banyak pulau dengan pantai cakep begini. Pulau pisang bisa snorkling juga karena masih banyak terumbu karang yang cantik, sayang kita ga punya alatnya dan ga sempet nanya penyewaannya.

Majestic view!

Ala ala foto landscape buat di desktop PC 😜

With Kak Nanim alias Kak N! 😎


Sewaktu di pantai, kami bertemu dengan nelayan yang baru saja pulang melaut dengan membawa gurita. Langsung deh saya dan Kak N inisiatif beli karena kita suka dan juga sebagian untuk oleh-oleh. Ada yang suka gurita juga? Enak, lho. 3kg gurita berhasil dibawa pulang seharga Rp 70.000 saja.

Karena besoknya kerja, kami harus segera melanjutkan perjalanan lagi ke Bengkulu. Totalnya kami hanya menghabiskan 3 jam saja di Pulau Pisang. Sebentar banget ya, huhu. Semoga kapan-kapan bisa kembali lagi. Karena banyak yang masih bisa dieksplor. Sekalian nginep juga boleh hehe. Di Pulau Pisang banyak wisma, home stay, maupun rumah warga yang disewakan dengan harga mulai dari Rp100.000 per malam.

Eiya, kalau menginap di Pulau Pisang, jangan lewatkan atraksi lumba-lumbanya ya. Biasanya lumba-lumba akan muncul pada pagi hari di lepas pantai Pulau Pisang. Semoga beruntung! πŸ™‚

P.S:
Dari Bengkulu ke Krui sekitar 320 KM (8 jam perjalanan darat)
Dari Bandar Lampung ke Krui sekitar 250 KM (6 jam perjalanan darat)

Previous Post Next Post

You may also like

50 Comments

  • Reply Noe

    Yaampun, kapan ha aku bisa ke Pulau Pisang. Hiks. Ngirii

    December 18, 2017 at 3:51 am
  • Reply Nova Violita

    Pertama baca judulnya..mba tangan ku adalah pulau yang banyak ditumbuhi pisang..oh ternyata..pantainya sungguh elok…masih tenang ya..ga ramai pengunjung..asyik buat fota foto..

    December 18, 2017 at 3:57 am
  • Reply Beautyasti1

    Indah banget pulau pisang nya mba, cocok buat desktop… tapi ga ada foto pisang nya ya hehe.. gurita 3kg cuma 70.000 aja? Wow mirah banget!!

    December 18, 2017 at 4:47 am
  • Reply EgiyantinaNS

    Cakeep bgt pantainya ta…. poor me, belum pernah ke Lampung hiks

    December 18, 2017 at 4:54 am
  • Reply andyhardiyanti

    Pemandangannya cantik sekali. Dan yang paling saya suka, karena suasananya yang masih sepi. Tenang banget deh tuh rasanya wisata ke sana.

    December 18, 2017 at 6:57 am
  • Reply Yulia Marza

    Pasirnya putih banget, viewnya pasti keren habis nih. Liburan yang menyenangkan pastinya.

    December 18, 2017 at 12:15 pm
  • Reply liadjabir

    pasirnya baguuus. memang pulau2 di indonesia cantik2 yaa

    December 18, 2017 at 12:31 pm
  • Reply Gara

    Kok bagus banget sih pantainya… keren Mbak. Saya suka banget foto yang jejak kaki dan perahu-perahu. Berasa banget keunikan warna-warna di pantainya. Indonesia memang keren banget ya. Ibarat kata pantai yang mungkin belum begitu dikenal orang saja bisa bagus banget begini. Apalagi kalau yang sudah terkenal, ya, hehe. Nggak apa-apalah lumayan jauh, tapi pemandangannya bagus pisan. Mudah-mudahan bisa main ke sana, hehe.

    December 18, 2017 at 1:31 pm
  • Reply Lina W. Sasmita

    Hai Ata, komen aku sebelumnya hapus aja ya. Bakal jadi broken link soalnya link blog aku di komen itu kelewat satu huruf haha.

    Ohya Pulau Pisang ini cakep banget tapi sayang jauhnya yang gak nahan kalau dari luar Lampung.

    December 18, 2017 at 4:04 pm
  • Reply Nova DW

    Ya ampun bagus banget deh pantainya. Jadi mupeng pingin kesana. Trus foto-foto n buat ditampilin di desktop hahaha.

    Serius! Pantainya bagus banget ^^

    December 18, 2017 at 6:55 pm
  • Reply Lia Harahap

    Cantikkk pemandangannya. Kalo di Kiluan lebih banyak warna biru gelap dan hijau. Kalo di Pulau Pisang banyak warna biru cerah dan cokelat pasir. Cakeppp.

    December 18, 2017 at 8:56 pm
    • Reply ata

      Wih.. aku belom pernah ke Kiluan malah Mba. Walaupun gitu tetep ga kalah cantik ya, bisa liat lumba-lumba juga kan katanya?

      December 20, 2017 at 3:49 am
  • Reply Puspita Yudaningrum

    Mbak ataaa jalan gak ngajak” nih. One day boleh lah klo mau traveling ajakin bobe biar bisa jalan bareng

    December 18, 2017 at 10:43 pm
    • Reply ata

      Bikin holiday with bobe aja yuuuk hihi

      December 20, 2017 at 3:47 am
  • Reply Nchie Hanie

    Ahh Mupeng ke Pulau Pisang, pengen selonjoran menikmati ombak dan pasirnya. Apalagi sambil ngemil pisang goreng anget kebahagiaan yang sempurna

    December 19, 2017 at 12:36 am
    • Reply ata

      Minumnya air kelapa muda. Aaah surgaaa~

      December 20, 2017 at 3:29 am
  • Reply Junita Susanti

    Wow… keren banget kak, air hijau-biru cantik-cantik foto2 sama objeknya ^^ seger banget, ngelihat airnya aku jadi pingin mandi… ajakin dong kak ke sana ^^

    December 19, 2017 at 3:19 am
    • Reply ata

      Wkwk ntar kalo aku jadi gubernur atau minimal bupatinya yes mba 🀣

      December 20, 2017 at 3:28 am
  • Reply April Hamsa

    Hoohh deg2an untung gpp ya mbak, cuma motor yang rusak.
    Jadi sebaiknya kalau ke sana bawa pemandu lokal ya supaya bisa lebih gampang dan murah kalau mau jalan ke sana. Noted. TFS

    December 19, 2017 at 4:05 am
    • Reply ata

      Motornya ga rusak jg Alhamdulillah Mba πŸ™‚

      Betul biar lebih puas dan peralatan main airnya lebih lengkap

      December 20, 2017 at 3:28 am
  • Reply Eni Martini

    Masyaallah pantainya indaah banget

    December 19, 2017 at 6:52 am
  • Reply Anindita Ayu

    Pantainya cantik Ta! Tapi di Lampung memang banyak pantai ya sepertinya, dan katanya emang cantik-cantik semua..

    December 19, 2017 at 9:52 am
    • Reply ata

      Iya Nin, pantai di Lampung kebanyakan berpasir putih

      December 20, 2017 at 3:27 am
  • Reply Annisa

    Aduh jadi mupeng banget mbak. Tapi itu pulaunya emang sepi pengunjung ya? Atau memang belum banyak dikenal? Itu cakep banget pemandangannya dan didukung sama pengambilan foto yang keren banget hehehe. Jadinya bikin ngileeer pengen main kesana.

    Btw, kalau mau naik perahu berarti lebih baik bawa orang yang bisa Bahasa sana ya. biar ga dimahalin wkwkw

    December 19, 2017 at 10:21 am
    • Reply ata

      Mungkin bukan musim libur ya Mba, jadi cenderung sepi. Kebanyakan turisnya bule bule katanya.

      Iya, sekalian aja pake paket tour deh. Lebih rekomen hihi sekalian bisa snorkeling juga

      December 20, 2017 at 3:27 am
  • Reply Zefy Arlinda

    mau juga jalan ke sana ta………..asik kayaknya, cantik

    December 19, 2017 at 10:55 am
    • Reply ata

      Bumil hayu atuuuh

      December 20, 2017 at 3:25 am
  • Reply Nathalia DP

    Wuih, pasirnya putih bgt, cantik pantainya

    December 19, 2017 at 12:30 pm
    • Reply ata

      Indeed! 😊

      December 20, 2017 at 3:24 am
  • Reply tutyqueen

    Aku belum pernah ke Lampung tapi sering dengar cerita teman-teman yang pernah kesana dan berkunjung ke Pulau Pisang. Mudah-mudahan next time bisa kesana, thanks for sharing ya mbak.

    December 19, 2017 at 2:30 pm
    • Reply ata

      Semoga bisa ke sana ya Mba. πŸ™‚

      December 20, 2017 at 3:23 am
  • Reply turiscantik

    Viewnya cakep banget ya pulau pisang ini. Aku blom prnh sih ke sini, thanks sharing.

    December 19, 2017 at 3:38 pm
    • Reply ata

      Sebagus itu aslinya. No filter needed. 😍

      December 20, 2017 at 3:22 am
  • Reply Vidy

    Foto perahu di pasir pantai cakeeeeeeepppppp

    December 19, 2017 at 8:01 pm
    • Reply ata

      Bangeeet!

      December 20, 2017 at 3:21 am
  • Reply apura

    Ataaaa… Kalo ga makan-makan, ya jalan-jalan πŸ˜… tapi beneran ya pasirnya lembut banget kayaknya. Super view!!

    December 19, 2017 at 9:23 pm
    • Reply ata

      Mbaaaa hahaha abisnya aku ngeblog cerita lain dibilang “lho kok ga bikin ngiler sih Taaaa” 🀣🀣🀣

      December 20, 2017 at 3:21 am
  • Reply Helena

    Waaaw ini cakep banget. Berarti harus belajar bahasa daerah supaya dapat harga murah. Eh beneran ga ada pisang?

    December 20, 2017 at 1:31 am
    • Reply ata

      Sebenernya ga juga sih Mba hehe katanya ada jam khusus yang memang mengangkut orang-orang dengan harga murah. Tapi ga tau infonya lebih lanjut.

      December 20, 2017 at 3:20 am
  • Reply Happyummi

    Aaaa taa kok bagus banget sihh
    Dlu waktu keliling kaur ga nyampe sampe kesana

    December 20, 2017 at 2:49 am
    • Reply ata

      Ini juga impulsif sebenernya Mba, awalnya cuma mau ke Kaur doang hehe tapi ga nyesel, sebagus itu πŸ˜€

      December 20, 2017 at 3:17 am
  • Reply Dahlia Siregar

    Pesona pantai memang tak pernah mati. Tetap aja memberi kesan yang berbeda.. Love it..

    December 20, 2017 at 3:48 am
  • Reply Tia

    duh.. kalo mampir kesini bikin pengen deh..
    udah lama gak main ke pantai..

    December 20, 2017 at 7:40 am
  • Reply Bety Kristianto

    Keren banget pantainya ya Mba. Btw itu kenapa dinamai Pulau Pisang yak? Apa banyak pohon pisangnya dulu? Hehehe.. pinisirin sayah. Sayangnya jauhh 😒

    Besok mantai di sekitaran jogja ajah dulu dah wkwkwkwk

    December 20, 2017 at 5:17 pm
  • Reply Keluarga Nawra

    Nawra dan adik2 nya suka banget ini liburan ke pantai , itu pasitnya bagus banget yak

    December 20, 2017 at 11:34 pm
  • Reply Avant Garde

    cakep pasirnya (mbaknya juga) :p

    December 21, 2017 at 7:55 am
  • Reply Dita Indrihapsari

    Pantainya baguuusss banget mba Dan sepi pula ya.. πŸ˜€ Itu penginapannya murah, ada yang cuma 100 rb.. Sempet liat gak mba penginapannya kayak apa?

    December 21, 2017 at 11:43 pm
  • Reply fainun

    Cakep banget nih Pulau Pisang. Semoga bisa mampir ke sana

    December 22, 2017 at 8:02 am
  • Reply Latifika Sumanti

    Masya Alloh, pantainyaaa kaga naaahaaann 😍 Di kalimantan pantainya airnya cokelat jadi aku ga suka ke pantai, tapi liat ini jadi kepincut, beningg banget. Btw kalo di tempat aku ada juga namanya yg mirip2, Pulang Pisau, kebalikannya yah, hihi. Konon katanya ditempat itu sering ada pisau terbang2 sendiri gitu, trus balik ke orangnya

    December 22, 2017 at 5:47 pm
  • Reply Moiismiy

    Pesona Pantai Pasir putih. Cantik 😍

    January 9, 2018 at 9:02 am
  • Leave a Reply

    %d bloggers like this: