Travel Diary

Tips Mudah Nikmati Gunung Bromo yang Indah

2 tahun lalu, saya dan keluarga sempet punya rencana untuk ke Bromo. Tapi batal karena susah ninggalin kerjaan ditambah gak dapet tiket kereta. Huhu. Kenapa sih tiket kereta Indonesia jurusan Malang cepet banget soldout-nya? Ku ingin marah, melampiaskan…. *kemudian nyanyi*

Usut diusut, ternyata karena Malang punya banyak tempat wisata yang bikin berdecak kagum. Mulai dari wisata kuliner, wisata kota, hingga alamnya. Dari pesisir selatan dan pasir putihnya, hingga pegunungan yang mengelilingi Kota Malang, sungguh kota yang menyimpan potensi pariwisata luar biasa.

Sebenernya sih dari sekian banyak daya tarik wisata di Malang, yang paling pengeeeeeen banget saya kunjungi tuh Bromo. Pada tau kan? Ada yang ga tau? Sini yuk baca peta buta sama saya. *ditoyor*  Karena saya terbiasa didaulat sebagai EO plus penyusun itinerary tiap liburan begini, jadi saya sudah khatam browsing perihal per-Bromo-an ini. Cukup deh ilmunya buat dibagi-bagi biar kalian juga bisa menikmati. Saya emang mukanya suka dibilang sensi, tapi baik hati. 😛 Makanya saya mau bagi tips mudah nikmati Gunung Bromo bagi pemula ini:

Pesan Tiket Kereta Indonesia Sedini Mungkin

traveloka

foto:nastya_gepp @ pixabay

As I previously mentioned, tiket kereta api menuju Malang merupakan salah satu yang sulit didapatkan, dengan catatan, kamu berburu di waktu yang salah. Kalau sudah punya rencana liburan, sebaiknya segeralah pesan tiket kereta Indonesia. Bocoran aja nih, booking tiket sudah bisa dilakukan tiga bulan sebelum tanggal keberangkatan, lho. Makanya, kalo incaranmu adalah kereta-kereta Indonesia yang digemari masyarakat, seperti Matarmaja, lakukan pemesanan sesegera mungkin.

Hindari Berlibur di Musim Liburan

It was noted in my mind, never ever put Malang or Bandung as a destination on long weekend. Apalagi kalau musim liburan sekolah. Jadi cendol, Gan. T____T Kalo benar-benar pengin menikmati Bromo yang seutuhnya, sangat disarankan untuk datang ke Bromo di hari-hari biasa. Percayalah, Bromo yang sunyi bakal membuat hatimu bergemuruh ketimbang harus berdesak-desakan dengan banyak orang di musim liburan.

Baca juga : Volcano Tour Merapi Yogyakarta

Lewat Rute Malang, Temukan Nirwana di Gerbang Ngadas

traveloka2

foto:Tommy Gustaviano Yeza @ wikipedia

Ada banyak cara menuju Bromo. Tapi kalo kamu turun di Stasiun Kota Malang, sangat disarankan untuk menempuh perjalanan lewat jalur Tumpang. Sesampainya di Kota Malang, menginaplah sehari sambil melepas lelah. Kemudian lanjutkan perjalanan saat matahari belum muncul di ufuk timur. Jika lancar, kamu akan sampai di Ngadas saat matahari masih malu-malu menampakkan ternganga. Sisi Gunung Bromo yang tidak akan kamu temukan dari jalur lainnya.

Bromo itu Lebih Dingin dari Lirikan Bapakmu Kalo Lagi Marah

Huahaha *dikutuk jadi batu* Serius deh, tatapan Papap saya kalo lagi marah, beuuuh dingiiiin banget cuy, tapi Gunung Bromo jauh lebih dingin. Apalagi kalau kamu punya rencana untuk menikmati sunrise di pagi hari. Sebelum matahari muncul dan sinarnya menghangatkan tubuh, hawa di Bromo bakal membuatmu menggigil kedinginan, hingga ke tulang. Untuk itu, jangan lupa bawa perlengkapan yang tepat. Mulai dari jaket tebal dan celana panjang, sarung tangan, penutup kepala (terutama telinga), hingga kaos kaki untuk menghangatkan kaki. Jangan lupa bawa obat-obatan juga karena dingin yang teramat sangat bisa bikin stamina terjun bebas.

Yadnya Kasada akan Bikin Petualanganmu Makin Istimewa

traveloka3

foto:photo.sindonews.com

Masyarakat Tengger yang menghuni daerah sekitar Gunung Bromo memiliki tradisi turun-temurun berupa upacara adat Yadnya Kasada. Gelaran ini diselenggarakan setiap bulan Kasada, tepatnya di hari ke-14. Biar petualangan ke Bromo makin sempurna, cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai waktu diadakannya Yadnya Kasada. Biar kamu juga bisa ikut meramaikan acara ini ya.

Pergi ke Gunung Bromo Saat Aman

Sebelum ke Gunung Bromo, banyak-banyak berdoa ya, Darlings. Sebagai gunung berapi aktif, sulit menebak kondisi Gunung Bromo sebenarnya. Kalau apes, bisa aja perjalananmu batal karena dilarang masuk ke dalam kawasan Gunung Bromo akibat aktivitas vulkanik yang terjadi. Kan sayang, huhu.

Nah, itulah beberapa rekomendasi petualangan yang gak boleh kamu lewatkan saat liburan di Bromo. Kalau persiapan sudah matang, segera cek dan dapatkan tiket kereta Indonesia yang menuju Kota Malang di situs booking online pilihanmu. Jangan lupa cari dulu daftar harga dan promo kereta Indonesia biar liburan jadi semakin hemat! *dukung Ata jadi duta hemat Indonesia* #eh

Previous Post

You may also like

2 Comments

  • Reply Ristin

    Pesan tiket kereta bisa 3 bulan sebelum keberangkatan, harganya bisa ikutan promo ga ya? hihihi… ngarep promo hehe..

    September 7, 2018 at 1:47 pm
    • Reply ata

      Bisa, sempet pesen buat ke Bandung dan dapet diskon kok. Hihi dicoba aja yaaa Kak

      September 7, 2018 at 2:00 pm

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: