Di Bali, Wajib Ke Pantai Ini!

Masih di hari pertama saya di Bali, setelah puas window shopping di Kim Soo dan ngadem di Mrs Sippy, saya melanjutkan perjalanan ke Pantai Canggu di daerah Kuta Utara. Jarak dari Seminyak ke Pantai Canggu sekitar 10 KM atau 30 menit jika ditempuh dengan motor.

Pantai Canggu, Kuta Utara

Pantai Canggu (1)
Pantai Canggu, Bali
Pantai Canggu (2)
Pantai Canggu, Bali

Pantai Canggu (3)

Akhirnya pantaaaaai! YAYYY! Ke bali ga ke pantai belom sah dong, ya? Setuju atau setuju banget? #eh πŸ˜› Kenapa memilih Pantai Canggu? Sebenernya tujuan utama adalah ke salah satu cafe yang emang pengin banget saya datangi, tapi minimum pembayarannya lumayan mahal jadi batal hehehe, akhirnya saya dan Nyoman memilih untuk duduk-duduk cantik di pinggir Pantai Canggu saja sambil menunggu matahari agak ‘santai’ untuk kembali melanjutkan perjalanan ke daerah Selatan-nya Bali, Uluwatu. Di Pantai Canggu lumayan banyak turis yang surfing walaupun di tengah hari yang panasnya ampoooon. Salutttt! 😎

Pantai Suluban, Uluwatu

Pantai Suluban Bali (1)
Pantai Suluban, Uluwatu

Pantai Suluban Bali (2)

Atau yang biasa disebut Blue Point Beach. Dari Pantai Canggu ke Pantai Suluban jaraknya sekitar 35 KM atau 1 jam perjalanan menggunakan motor, bisa lewat tol Bali Mandara, bisa juga via jalan yang melewati Universitas udayana. Saya perginya lewat jalan Universitas Udayana, tapi pulangnya lewat tol karena daerah sana lumayan sepi. Sebelum memulai perjalanan, saya dan Nyoman isi perut dulu di Nasi Pedas Bu Anik. Setelah makan, kami melanjutkan perjalanan dan saya sukses ngantuk berat, Pemirsa! Untung ga jatuh kan ya hahaha perut kenyang, matahari udah gak terlalu panas ditambah angin semilir bikin ngantuk, manalah malamnya saya terbang di tengah malam, Combo. *oles-oles balsem di sekitar mata* πŸ˜†

Sesampainya di Pantai Suluban sekitar jam 5 sore, pantainya masih rame bangeeeet. Pada ngejer sunset kali, ya? Kita parkir motor dan bayar Rp3.000 saja. Kalau mobil bayar parkirnya Rp5.000, selain parkir gak ada biaya tiket masuk lagi. Setelah bayar parkir, kita turun ke pantainya melewati tangga-tangga (lumayan banyak, ada ratusan anak tangga kayanya) yang cukup curam, jadi hati-hati ya. PR banget lho ini pas baliknya, saya sama Nyoman sampe istirahat dulu di tengah-tengah saking ga kuatnya hahaha LEMAH! πŸ˜…

Baca Juga: Tiga Pantai Wajib Kunjung di Bengkulu

Pantai Suluban Bali (5)
With my favorite guide, Nyoman. ❀
Pantai Suluban Bali (4)
Catching Sunset @ Blue Point Beach

Sandy toes situation. πŸ– #wheninbali

A post shared by Ata Permata Sari (@permatadewis) on

Tapi tenang, semua terbayar saat melihat pantainya! Whoaaaa bagus bangeeeet! Airnya jernih, pantainya bersih. *lope-lope di udara* Pengunjung di Pantai Suluban ini kebanyakan turis mancanegara, karena ombaknya dianggap bagus banget untuk surfing. Wajar deh tadi di sepanjang jalan yang ada toko alat surfing semua sama bule-bule pada bawa papan surfing.

Sebelum terpesona dengan keindahan tepi Pantai Suluban, kita juga diberi suguhan jejeran dinding batu menyerupai gua yang cantik luar biasa. Ini juga yang menjadi alasan pantai ini dinamai Suluban karena dalam bahasa Bali artinya melewati kolong. Mashaa Allah, sungguh cantik ciptaan Allah.

Pantai Suluban Bali (7)

Pantai Suluban Bali (3)
Ini yang saya maksud kolam alami πŸ˜€ HAHAHA. Kalau mau surfing, mainnya agak jauhan ke tengah pantai.

Di tepi pantai Suluban banyak kolam-kolam alami (((kolam alami))) dengan air yang tenang dan kedalaman cukup dangkal, jadi untuk pengunjung yang ga bisa mau surfing, bisa banget kok berenang di sini. Btw, pantainya bukan tipe pantai berpasir halus, jadi harus tetap berhati-hati ya! Selain Pantai Suluban sebenernya banyak lagi pantai lain di daerah Uluwatu ini, tapi karena sudah gelap, saya dan Nyoman memutuskan pulang saja. Semoga someday bisa berkunjung ke pantai lainnya deh ya. πŸ˜ƒπŸ‘ŒπŸ»

29 Comments

  1. Erny Kurnia

    November 13, 2017 at 2:47 am

    Ata, thanks for sharing! Aku belum pernah ke canggu hehe. Jadi makin kepengen ke Bali hiks! Enggak tahu kenapa Bali always ngangenin yah

    1. ata

      November 15, 2017 at 1:13 am

      Sama-sama Mba πŸ™‚ Iya, Bali ga pernah kehabisan tempat untuk dieksplor yaa

  2. liannyhendrawati

    November 13, 2017 at 3:08 am

    Wuah sunset nya cantik amaat.
    Aku waktu ke Bali baru berkunjung ke bbrp pantai aja, pantai Kuta, Tanah Lot, Dreamland, lainnya belum pernah. Jadi pengin ke Bali lagi.

    1. ata

      November 15, 2017 at 1:11 am

      Kita kebalik Mba, aku justru belom pernah ke Kuta dan teman-temannya itu hihi

  3. dianravi82

    November 13, 2017 at 3:32 am

    Cantik banget…. jadi rindu pantai. Pas banget blom pernah ke Canggu. Sepertinya harus nunggu musim hujan lewat dulu biar asik. Mari masukan wish list 2018.

    1. ata

      November 15, 2017 at 1:09 am

      Iya, kalau musim hujan kayanya bakal pasang dan ga bakal bisa lewat karang-karang di bawahnya Mba

  4. Inge Maria Wibowo

    November 13, 2017 at 6:38 am

    Pantai suluban emang cakep mba, aku suka tebing batu karangnya yang bikin eksotis. Dulu pas kesana pas air pasang, jadi aku ga bisa ngelewatin tebing karangnya itu, ga bisa liat pantainya hahaha

    1. ata

      November 15, 2017 at 1:08 am

      yay artinya aku cukup beruntung bisa ngelewatin tebing karangnya πŸ˜€

  5. Ardizza Dwittarinda Raharja

    November 13, 2017 at 11:15 am

    Baca postingan tentang pantai ini jadi kangen Bali! Waktu kesana gak sempat mampir Canggu. Mauuuu ke Bali mauuuuuu lagiiii

    1. ata

      November 15, 2017 at 1:02 am

      Dizzaaaa aku belom bikin itinerarynya, soon in shaa Allah bakal post πŸ˜€

      Ntar sama Masnya ke Bali pas udah halal yaaaa hihi

      1. Ardizza Dwittarinda Raharja

        November 15, 2017 at 9:33 am

        Asiiiikkkk, mau bangeeeet itinerary Bali-nya. Maaciii Ataaa πŸ’–

        Iyaaa in shaa Allah aamiin πŸ™πŸ»

  6. rusydinat

    November 13, 2017 at 12:55 pm

    aku ke bali cuma sekali, dan pengen kesana lagi tapi nga tauu kapan waktunyaa T^T
    habis liat postingan ini mupeng lagii kaan huhu
    pantai2nya emang cakeep2 sihhh

    1. ata

      November 15, 2017 at 1:01 am

      Semoga someday bisa balik ke Bali ya Mba πŸ˜€

  7. Zeilla Mutia Devi

    November 13, 2017 at 2:48 pm

    Bagus banget pantainya. Terakhir kali aku ke Bali udh lama bgt jaman SMA liburan keluarga haha. Wktu itu belum kenal Cangu :p

    Next time mungkin bisa ke sini sama suami hehe

    1. ata

      November 15, 2017 at 1:00 am

      Hahaha iyaaa, makin banyak pantai-pantai yang baru ditemukan Mba πŸ˜› jadi tiap ke Bali selalu bisa eksplor tempat baru hihi

  8. Tia

    November 14, 2017 at 3:27 am

    cantik bangetttttss..

    kuh blm pernah ke bali nih.
    nunggu ada yg ngajak.. haha

    1. ata

      November 15, 2017 at 12:59 am

      Hahahaha aku juga baru pertama nih Mba πŸ™‚

  9. ideannisa

    November 14, 2017 at 4:22 am

    Keren banget pantainya. Pengen kesana jadinya nih

    1. ata

      November 15, 2017 at 12:59 am

      Semoga segera ada rezekinya ya Mba πŸ™‚

  10. April Hamsa

    November 14, 2017 at 8:59 am

    Gak ikutan renang mbak? πŸ˜€
    Bagus ya pasirnya masih bersih dan gak banyak sampah TFS

    1. ata

      November 15, 2017 at 12:58 am

      Hallo Mba April, ga bisa renang, gimana dong :’)))))))

  11. mpo ratne

    November 14, 2017 at 9:26 am

    Wah Keren pantainya, jadi ke pengen kesana. Enaknya kalau kesana rame rame. Kapan nih barengan

    1. ata

      November 15, 2017 at 12:57 am

      Hihi iya Mbaaa, yuklah diatur aja

  12. Eni rahayu

    November 15, 2017 at 9:33 am

    wahhh. asik nih buat habisin akhir tahun ,pemadangannya juga indah

  13. Ade Kurnianingrum

    November 15, 2017 at 2:59 pm

    Tujuan utama kalau ke Bali itu emang ke pantai sih hehehe
    suka banget sama postingannya !

    Salam kenal πŸ™‚
    Mampir yuk,
    www deniathly com

  14. Hastira

    November 17, 2017 at 7:39 pm

    belum ke sini saat ke bali, batuannay eksotisnya ya

    1. ata

      November 21, 2017 at 1:08 am

      karangnya jadi salah satu yang bikin pantainya semakin cantik

    1. ata

      November 21, 2017 at 1:00 am

      bangeeet, memanjakan mata

What do you think?

%d bloggers like this: