Resep Gimbap Anti Gagal

Gimbap adalah jenis makanan Korea yang terdiri dari nasi yang dibungkus dengan rumput laut. Gimbap populer sebagai makanan yang dibawa piknik, hiking, atau aktivitas lain di luar ruangan.

Waktu saya ke K-Mart Wijaya kemarin sebenarnya selain beli tteokbokki dan corn dog, saya pengin banget beli Gimbap, namun niat itu saya urungkan karena sudah ada pemberitahuan bahwa Gimbap yang mereka jual mengandung Babi. Hehe. Akhirnya pekan lalu saya bikin sendiri bermodal feeling karena pernah nonton di youtube tapi lupa di channel siapa. Kebetulan ada temen saya yang nginep di rumah, jadi sekalian saya suguhkan sebagai makan siangnya. 😀

gimbap

Gimbap
Untuk 4 porsi

Bahan:
Nasi Putih (saya masak sekitar 2,5 cup kecil beras, kira-kira sekitar 600 gram)
Minyak Wijen Secukupnya
Garam secukupnya
Seikat Bayam
1 buah Wortel
2 lembar Odeng
4 buah Crab Stick (rebus)
4 butir Telur Ayam (pisahkan kuning dan putihnya, lalu dadar terpisah dan potong memanjang)
Nori (saya pakai merk Manjun, banyak dijual di online shop kok. Ga disarankan pakai Nori tao k** n** ya, karena terlalu crispy jadinya akan sulit digulung)

Cara Membuat:

1. Campurkan nasi putih, minyak wijen, dan garam. Aduk rata sampai uap panasnya hilang. Sisihkan. (Karena kalau masih panas, susah gulungnya Sist, bisa melepuh tangan 😛 Kita kan mau makan ya, bukan debus #eh)
2. Sambil menunggu nasi dingin, rebus bayam, wortel, dan crab stick. Sisihkan.
3. Pisahkan kuning dan putih telur, lalu dadar terpisah. Potong memanjang.
4. Tumis odeng dengan sedikit kecap asin, sebentar saja, lalu sisihkan.
5. Setelah nasi dirasa cukup dingin, ambil selembar nori, ratakan nasi di seluruh permukaan nori.
6. Letakkan bayam, wortel, odeng, crab stick, serta telur di atas nasi. Gulung. Sambil menggulung gimbap, usahakan juga sambil dipadatkan ya.
7. Potong gulungan gimbap, siap disajikan. (sedikit tips, sebelum dipotong, lumuri pisau dengan minyak wijen agar gimbap gak lengket dan jadi lebih mudah dipotong dengan rapi).

Isian gimbap bisa banget menyesuaikan selera dan ketersediaan bahan di rumah ya. Pakai tuna, rendang, abon, apapun left over dari hari sebelumnya juga bisa. Daripada mubazir trus bosen kalau dibikin nasi goreng mulu? Hehe. 😛 Atau bayamnya mau diganti dengan kangkung dan daun singkong mungkin? Bisa juga, jadinya gimbap dengan kearifan lokal dong ya hihi.

Saya dan temen-temen makannya lahap banget entah karena enak atau laper. Biasanya nasi sebanyak itu bisa untuk 4 kali makan, tapi kemarin habis ludes tak bersisa dalam sekali makan saja. Terharu. :’)))) Asyik, ga perlu ngiler lagi kalau nonton Oppa-oppa makan di drama Korea, bikin sendiri ternyata mudaaaah~

14 Comments

  1. Nhie

    December 5, 2017 at 3:43 am

    kayak sushi yaa. Gimbapnya bikin ngiler jadi pengen buat.

  2. Ursula Meta Rosarini

    December 5, 2017 at 3:52 am

    Hallo Ata salam kenal,
    Wah menarik banget resepnya, kebetulan aku udh pernah belajar bikin Sushi, btw ini mirip sama Sushi kan ya?, tp blm bisa brekreasi sendiri, resep kamu bisa jd inspirasi hehehehe

    ursulametarosarini blogspot co id

  3. Atiqo

    December 5, 2017 at 4:22 am

    Wah cuzz eksekusi arghh

  4. Eni Martini

    December 5, 2017 at 8:31 am

    Waaaw, bisa buat bekal sekolah nih

  5. Nova Violita

    December 5, 2017 at 9:52 am

    Hmmm..jadi pingin icip2.. rasanya gimana sih..Akau gak pernah makan..gurih2 kaya lemper kali ya..he2

  6. hisafu

    December 5, 2017 at 10:13 am

    baca blogmu jd bikin laper plus niat buat bikin.. tp br niat sih blm dijalanin haha mudah2an ada jenjang lbh lanjut yaa.. btw itu gimbab enak bener keliatannyaaa

  7. Ardizza Dwittarinda Raharja

    December 5, 2017 at 10:37 am

    Dari kapan tau pengen makan gimbap, belum-belum ajaaaa. Tapi kayaknya leh ugha dipraktekin di rumah nih, Ta! Alas gulungnya pake yang bambu ya Ta? Kalau pake plastik aja bisa kali yaa?

  8. apura

    December 5, 2017 at 12:19 pm

    Aku kira tadi sushi mirip banget soalnya. Kapan bikin lagi? Nyicip dong

  9. bloggergunung

    December 5, 2017 at 2:43 pm

    Hem… Iya harus coba nih…
    Masih bingung odeng itu istilah lainnya apa ya?

    Salam
    Okti Li

  10. April Hamsa

    December 5, 2017 at 10:22 pm

    Wah enak kyknya, makasih resepnya.
    Pernah beli gimbap tapi di pujasera mall, ya rasanya begitulah haha.
    Ini kyknya cocok buat bekal suami atau anak 😀
    TFS

  11. witriprasetyoaji

    December 6, 2017 at 2:00 am

    kayak sushi yaa Mbak… wah belum sarapan aku jadi mendadak laperrr

  12. tutyqueen

    December 6, 2017 at 4:49 am

    Aku suka banget sushi..ini baru tau kalo ada gimbap juga..aku catet resepnya ya mbak, thanks a lot

  13. Tia

    December 6, 2017 at 6:46 am

    mantapss.. mau nyoba bikin ahh..

  14. Fahrul Syamsudin (D'uliners)

    December 6, 2017 at 3:36 pm

    Semoga saja Setelah makan gimbap resep anti gagal ini, aku semakin ke-oppa-oppa-an 😋😋

What do you think?

%d bloggers like this: