Personal Thought

Rekomendasi Penjahit Kebaya di Palembang

Setelah Make Up Artist, saya mau merekomendasikan penjahit kebaya di Palembang. Dulu saya ga pernah punya penjahit langganan sih karena ya dulu manut aja sama Mama saya haha selain itu belom ada yang sukses bikin puas, bahkan pernah untuk kebaya yudisium 2 tahun lalu, saya ngukur di Palembang dan jahit di Bandung saking hopelessnya. Emang bagus sih, dan bustie-nya kepake banget sampe sekarang. XD

Terus kenapa saya dengan beraninya merekomendasikan nama di bawah? Karena sejauh ini baru 2 ini yang bikin happy untuk ukuran harga yang ga begitu mahal. Semoga semakin banyak dan tentunya akan saya update kalo ada lagi.

Syarat utamanya: bisa mengartikan maunya saya karena saya biasanya liat foto-foto inspirasi kebaya di akun-akun Instagram (sebut saja: @inspirasigaundankebaya, @kebayadandress, @inspirasi_kebaya, @thebridebestfriend, dll — hayo banyak yang kepoin juga ga sih kalo mau cari inspirasi kebaya? :P). Apalah saya ini yang ga jago desain, boro-boro desain kebaya, gambar buat psikotes aja kayanya ga pernah oke hahaha.

Sebelumnya ada tuh penjahit yang niat awal bikin long-dress malah jadi kaya gamis, atau bikin kaftan tapi bentukannya super aneh. Kan KZL! Dan syarat yang ga kalah penting tentu saja yang biayanya murah (tetep konsisten hematnya). Ya abis biasanya kalo dapet seragam bridesmaid, bajunya cuma dipake sekali kan, plus selain jahit kan banyak juga persiapan lain, kalo bisa hemat, why not? *ngeles aja kaya Bajaj hihi

1. Hj. Cholijah.

Lebih akrab disapa Mami/Tante Jahit. Awalnya dapet rekomendasi dari Sepupu saya, karena kebayanya lucu-lucu pisan. Jadi saya memberanikan diri untuk jahit di sini. Saya jahitnya ga beneran berbentuk kebaya sih, lebih ke long-dress. Si Tante ini bisa mengerti maunya saya, walaupun cuma via foto aja.

Kebaya pertama yang saya jahit di sini sukses bikin puas dan lega. Soalnya cuma fitting sekali, itupun harus dikecilin lagi agak banyak karena berat saya turun, kesel. :’))) alhamdulillah pas! Banyak banget yang nanyain saya jahit di mana. Termasuk indikator sukses bukan? *dasar haus pujian XD

Setelah pengalaman pertama, saya jahit 2 kebaya lagi di sini dan Alhamdulillahnya sukses lagi. Fotonya saya lampirkan ya. Plus lagi, si Tante ga perlu dikasih bahan jauh-jauh hari, karena sepupu saya pun kebayanya tetep jadi walopun H-3 dipake baru kasih bahannya dan tetep rapi huahaha magic!

Doi juga tepat janji, kalo katanya selesai tanggal 10, ya memang selesai di tanggal segitu. Seringnya malah lebih cepet. jadi ga bikin degdegan, karena kata temen saya penjahit kebanyakan suka ingkar janji~~~ bukan mantan doang #eh harganya pun masuk akal, startnya dari 200k aja, selebihnya menyesuaikan tingkat kesulitan ya, apakah mau ditempel pake tile polos, tambah payet, dan sebagainya.

Pssst. Kalo bahan yang kamu jahit berlebih, sama si Tante akan dikembaliin, selanjutnya terserah kita apakah mau dibikin kebaya lagi atau diambil aja. Saya selalu kelebihan bahan, satu saya jahit lagi dan sisanya diambil karena belom tau mau dibikin apa. πŸ˜€ Saking senengnya sama si Tante, sampe pengin bikinin instagram buat promoin! Hahaha tapi jangan deh, saya takut tante berubah jadi mahal dan ga bisa cepet. *konsumen posesif

20161224_131303-02

Β Hasilnya yang sebelah kanan ya Sist. Karena cuma dikasih bahan brukat sedikiiiiit diakali dengan ditempel aja dan ditambah payet. ?

20160723_205822-01

Β Kebetulan ga punya foto seluruh badan. Semoga ini mewakilkan. Tentunya juga yang pink di sebelah kanan yak. ?

Hj. Cholijah / Tante Jahit
Phone: 081272187747
Pin BB: 290B9DA4
Instagram: –
Alamat: Jl. Sersan Kko Badarudin Kemudi III No. 937 RT. 24 (Masuk dari jalan ke SMA N 5) Palembang

2. Dilla Fadila

Nah kalo yang ini udah cukup banyak yang kenal. Follower Instagramnya juga banyak lho, tapi feednya kebanyakan bukan hasil kebayanya jadi saya ga follow hahaha >:) Temen-temen saya banyak yang jahit ke Mba Dilla. Saya sendiri baru sekali jahit di sini. Sekalinya jahit langsung berlima sama temen-temen kantor karena kebetulan pada dapet seragam. Kita ngasih bahannya mepet banget, cuma 3 minggu sebelum hari H. Karena kita banyak, jadi si Mba udah kasih note di awal kalo ga bisa model yang aneh-aneh dan ga bisa yang ditempel di tile. (Duh gimana ya jelasinnya, pokoknya yang motif bunga-bunganya dipotong dan ditempel lagi)

Karena deg-degan jadi H-7 saya udah memberi mandat ke temen saya yang di Palembang, Oliv, buat nengokin hasil kebayanya. Takutnya ga jadi di hari H kan. Dan kata Mba-nya belom dibikin sama sekali dong! Lemes Sist, secara saya yang merekomendasikan, kalo ga jadi kan saya ga enak sama temen-temen saya. Sampe H-2 juga ternyata baru mau dibikin, alhasil si Oliv nungguin kebayanya sampe malem, dan punya saya plus Kak Nanim belom kelar juga. Jadi baru di-gosend besoknya. Untung kita sempet boong, karena bilang kebayanya dipake Sabtu, padahal Minggu. Ga kebayang kan kalo jujur pasti ribet. 😐 (jangan ditiru ya, hehe)

Saya dan temen-temen sudah menurunkan ekspektasi serendah mungkin, kebayanya jadi aja udah syukur, boro-boro ngarep bagus. Fortunately, kebayanya pas walopun tanpa fitting. Dan jahitannya rapih. Saya ga sugar coating yak, tapi temen-temen saya juga bilang gitu. Walopun ngebut tetep rapi jali. YAY!! πŸ™‚

img_20161212_122818-01

Si long-dress 2 hari jadi. πŸ˜›

Hasil kebaya berlima. Yang persis sebelah saya gak jahit di Mba Dilla.

Harganya sekitaran 200k. Tapi kita kemarin disamain jadi 250k semua. Worth it. Saran saya, kalo mau jahit mending dikurangi minimal seminggu dari hari H biar gak deg-degan kaya kita.Β  Tambahan, sebelum jahit, dia gak mentah-mentah nerima keinginan kita, pasti disaranin dulu kalo misal bahannya ga cocok dibuat model sesuai request. Atau dia nyaranin untuk ganti bahan jadi yang agak mahalan biar jatohnya bagus dan lebih flowy. Atau misal modelnya dirasa kurang pas sama bentuk badan kita. Kaya ngomong sama kakak sendiri hihi.

Dibalik semua dramanya, kalo ditanya kapok ga, saya akan jawab ga dan mau banget jahit lagi sama Mba Dilla. πŸ˜€

Dilla Fadila
Phone: 085267744046
Instagram: @rumahjahit_dillafadila
Alamat: Jl Jenderal Sudirman (Belakang Bumiputera) Palembang

Kamu, punya penjahit kesayangan? Share dong. πŸ˜€ sekian dan terima seragam. #eh

Previous Post Next Post

You may also like

25 Comments

  • Reply winnymarlina

    niat banget tuh ata jahit di bandung tp ngukur di palembang

    December 28, 2016 at 1:40 pm
    • Reply Ata

      Aku dulu masih piyik Kak, jadi manut aja sama Kakak yang emang domisilinya di Bandung hahaha kebetulan ada teteh jahit langganan ???

      December 28, 2016 at 1:44 pm
  • Reply Avant Garde

    penjahit kesayangan is my father πŸ™‚ sekarang udah gak nerima orderan lagi sih, udah sepuh…

    December 28, 2016 at 2:25 pm
    • Reply Ata

      Aku salut lho Mas sama penjahit, apalagi yang bisa jahit kebaya atau jas. Karena susaaaaah. Ongkos jahitnya aja mahal hihi

      December 28, 2016 at 4:24 pm
      • Reply Avant Garde

        yups, butuh ketelitian, salah 1 cm bisa bikin potongan kainnya gak nyambung, bisa kekecilan atau kegedean πŸ™‚

        December 28, 2016 at 4:35 pm
  • Reply santi

    yang paling atas kece dek sist πŸ˜€
    on serious note, ya ampuuuun anak muda jaman sekarang ya, duitnya pada ga berseri πŸ˜€
    bridesmaid, seragaman, bridal shower…. oemjiii, kakak pening mendadak…. mikir cicilan πŸ˜€ πŸ˜€

    December 28, 2016 at 2:28 pm
    • Reply Ata

      Makaci lho Mba Sist. ?

      Hahaha yang bridal shower aku ga pernah ikutan karena menurutku buat apa. Apalagi yang suka didandanin aneh2. ? tapi serius emang orang2 modal kewongnya banyak abis kayanya ya mba sist, seragam bridesmaid aja udah berapa, belom lg buat keluarga dll. Nyiapin berapa buat kewong kalo semua diturutin ??????

      December 28, 2016 at 4:27 pm
      • Reply santi

        kapan hari ya, ketemu dong yg lagi acara bridal shower di jw marriot. sementara sini, ke jw marriot krn dibayarin kantor. hoahahaha, duniaaa tak adil berasanyaa ????

        December 28, 2016 at 4:46 pm
  • Reply Intan Novriza Kamala Sari

    Cakep-cakep ih Ataa.. *mupeng
    Ah tapi aku kok ga bagus sih kalo pake kebaya, efek gak tinggi kali ya πŸ™

    December 28, 2016 at 5:05 pm
    • Reply Ata

      Makasih Ntaaan ?

      Bagus kok pasti asal PD ya gaa? Hihi. Btw di Bengkulu tukang jahit kebaya yang kece di mana ya? Aku udah keliling belom dapet yang sreg. Huhu.

      December 28, 2016 at 5:22 pm
  • Reply novaviolita

    aaaaak…. model kebayanya cakep banget.. , terinspirasi model nya..

    December 28, 2016 at 10:26 pm
    • Reply Ata

      Terima kasih Mba ?

      December 29, 2016 at 9:40 am
  • Reply cK

    Waaah kebayanya kece-kece. Kamu juga badannya slim jadi kalau pake kebaya apa aja cakep. XD

    December 29, 2016 at 6:53 am
    • Reply Ata

      Cimakaci cK sayang! ?

      Justru aku pengen lebih berisi dikit nih. Kalo ga dibantu bustie dan pake kebaya, badanku lurus ajaaaa hahaha suka ga PD ?

      December 29, 2016 at 9:42 am
  • Reply Desy Yusnita

    Aku suka kebaya nomor 2 yg pink mba. Aku contek dikit ya modelnya hehehe.

    December 30, 2016 at 7:51 am
    • Reply Ata

      Boleh silahkan πŸ™‚

      January 5, 2017 at 8:12 am
  • Reply Nita Lana Faera

    Untuk yang kedua, walau terburu-buru tapi hasilnya tetap bagus, mba πŸ˜€

    January 1, 2017 at 1:33 pm
    • Reply Ata

      Alhamdulillah ya, walopun degdegan parah hahaha

      January 5, 2017 at 8:17 am
  • Reply Sofia Sari Dewi

    seneng denger cerita tentang penjahit.. secara sendirinya juga bergelut di bidang yang sama. Penjahit memang biasanya molor waktunya. saya lebih suka kasih waktu 2 minggu untuk pengerjaan padahal tar akhirnya 4 hari jadi wkwkkwk biar customer hepi… menarik untuk tahu ukur di mana jahit dimana. karena saya juga melakukan hal yang sama. seringnya malah customer yang dr malaysia dan SG kirim ukuran dan model doang.. bahan dicarikan di jogja semua.. teknologi sungguh sangat membantu. Selamat menoleksi banyak kebaya mbak..cantik2 semuanya. seneng ada temen yang doyan kebayaan juga. salam kenal. cheers…

    January 2, 2017 at 9:23 am
    • Reply Ata

      Waaaa Mba juga bergelut di bidang yang sama ya, aku beneran salut lho sama penjahit, pinterrr dan telaten banget soalnya apalagi yang nempel-nempel motif lagi.

      Kece banget customernya udah dari mana-mana Mba πŸ˜€ aku seneng kebayaan, lebih indonesia walaupun yang aku bikinemang modelnya agak lebih modern sih hehe

      January 5, 2017 at 8:24 am
  • Reply yellsaints

    Terima kasih mbak rekom untuk kepoin ig inspirasi desain kebayanya, jadi aku bisa suruh jahit sama ibuku, yang juga bisa jahit hanya menampakkan photo atau gambarnya saja!

    January 2, 2017 at 12:06 pm
    • Reply Ata

      Kece ibunya Mba, salam ya! πŸ™‚

      January 5, 2017 at 8:24 am
  • Reply Obat Flek Hitam Paling Ampuh

    bagus-bagus ya kebayanya..

    June 1, 2017 at 8:29 am
    • Reply ata

      thanks! πŸ™‚

      June 7, 2017 at 1:15 am
  • Reply Edwin sitompul

    Bila perlu ad juga tempat jahit yg menengah biar asyk dpt rekomendasi mbak serta model yg lagi hizst gitu

    November 25, 2018 at 7:42 am
  • Leave a Reply

    %d bloggers like this: