Cara Bijak Menghabiskan THR

Yellow! Gimana, THR sudah tampak hilalnya atau malah sudah ludes karena ikutan midnight sale? #eh. Untuk seorang karyawan yang bekerja di perusahaan, harusnya sudah menerima Tunjangan Hari Raya, ya, karena tertuang jelas di Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan Bagi Buruh/Pekerja di Perusahaan. Besarannya sendiri adalah 1 bulan gaji tergantung masa kerja, ada yang proporsional, ada juga yang dapet berkali-kali gaji mungkin? Ehm, perusahaan mana tuh? Bisikin coba, siapa tau ada lowongan. #eh

cara bijak menghabiskan THR

Balik lagi ke soal THR, yang datangnya ga tiap bulan, penggunaannya pun haruslah dengan bijak. Saya biasanya membuat pos-pos pengeluaran dari THR, biar cash flownya jelas, dan ga tiba-tiba sudah lenyap karena impulsif membeli yang di luar kebutuhan, contoh posnya:

1. Pos Untuk Investasi

Pos pertama tampak berat ya, tapi memang bisa banget, lho, sekian persen dari THR ini dijadikan investasi, ga usah yang muluk-muluk, misalnya dibelikan Logam Mulia 100 gram 5 gram. Kan lumayan? Ada lho temen saya yang 50% dari THR-nya justru digunakan untuk membayar premi asuransi pendidikan anaknya, wih, kece ya? Jadi hasilnya akan keliatan di masa depan. Ga habis untuk hore-hore doang. 😀

2. Pos Untuk Membayar Zakat

Kalau yang ini gak perlu saya jelasin panjang lebar karena kayanya semua sudah paham, yessss! 😀

3. Pos Untuk Belanja Baju Lebaran

Masih banget beli baju baru? Kaya anak kecil aja, Ta? Weitss, jangan salah, saya kalopun membeli baju, pasti membeli blouse atau kemeja santai yang juga bisa dipake ngantor. 😛 Paling banter tunik, yang bisa dipakai untuk acara keagamaan, juga bisa dipakai kalau hari Jumat, yang kebetulan di hari itu kantor saya membebaskan pakaian alias gak pake seragam. Jadi kepake kan?

Nah kalo buat cowok gimana dong? Oh jangan cemas, sekarang banyak banget lho koleksi baju koko di Zalora yang bisa jadi pilihan. Sedikit tips dari saya, kalau memilih baju koko, agar bisa dipakai juga untuk ngantor, pilihlah yang lengannya pendek, dengan warna yang netral, seperti putih atau soft blue. Dan jangan juga memilih yang banyak motifnya. Sebaliknya jika ingin baju koko yang juga bisa dipakai ke acara resmi, such as kondangan, pilih baju koko lengan panjang dengan warna cenderung gelap. Kamu, cowok-cowok soleh, bisa cek di sini ya untuk melihat koleksi baju koko terbaru dari Zalora. Saya aja naksir pengin beliin buat Papap dan Kakak. <3

baju koko zalora 2

baju koko casual 2
Pilihan Baju Koko Casual
baju koko zalora
Baju Koko Formal

4. Pos Untuk Amplop Lebaran

Adakah yang masih dapet THR dari saudara-saudaranya? Tahun lalu saya bahkan masih dapet THR dari Nenek saya lho. :’)))) LOL. Makasih Nenek sayang. <3 Waktu dapet THR saya langsung menyisihkan 30% untuk amplop lebaran, karena sepupu dan keponakan saya banyak banget. Hihi. Tak lupa titip tuker uang baru ke Ayuk. Biar bocah pada seneng. 🙂 Sama order amplop lebaran yang gemes, biar cakep!

You may also like

7 Comments

  1. Klo saya yang sudah mamak2 ini, thr cuma numpang lewat soang kayaknya 😂. Bucket yang mau di isinya kebanyakan, belum urusan rendang sama kastengel lah, lipstick baru lah, gorden baru lah. Ya begitulah 😁😁. Tulisan Ata enak di bacanya 👍💐

  2. THR buat bayar hutang dulu yang utama hehehe, udah lama sih nggak belanja baju lebaran plus pernak-perniknya soalnya justru menjelang lebaran harga2 jadi naik jadi uangnya THR nggak berasa, kayak asap aja hilang

  3. Kebetulan saya wiraswasta, jadi THR yan cari-cari sendiri trus dipake belanja sendiri hehe. THR justru datang dari ibu mertua, kalo dapat biasanya kami tabung untuk cadangan pengeluaran sewaktu-sewaktu. Karena wiraswasta kan penghasilannya gak menentu 🙂

  4. Abang-abang Zalora ini bisa dibungkus buat lebaran gak Ta? Suka ditanyain keluarga nih. Wkkk. Btw, aku gak pernah dikasih THR ih sedi :'( bahkan dari jaman kecil pun cuma dapet dari ortu aja. Udah gede juga kerjanya bukan kantoran, cuma lari sana sini doang. Jadi gak dapet THR deh. Yaudalah, pokoknya orang lain taunya aku keren aja (?)

What do you think?