Ala Ata

[Ala Ata] Ayo Bawa Bekal!

Wah udah hari Jumat aja, yang berarti besok weekend! Yayness! XD

Berawal dari “Eh ini kok susah banget mau nabung, ya?” yang dilontarkan Kak Nanim di suatu pagi. Terus saya mengiyakan. Akhirnya kami mulai berhitung (jadi selama ini ngapain aja, Neng?) Ini gaji abisnya ke mana aja, sih? Dan ternyata pos paling besar itu abisnya di biaya hidup (terutama makan!).

Karena saya anaknya kudu makan teratur, jadi sehari harus makan 3 kali belum termasuk ngemil-ngemil lucu, tapi badan segini doang, dosa apa 🙁 . Kak Nanim sendiri termasuk yang tahan banting, doi ga makan nasi sampe 3 hari, cuma ngemil-ngemil cantik aja tetep On badannya.

Ya emang sih gak boleh pelit sama diri sendiri, tapi kan kalo gak diatur ntar kebablasan, sedangkan tabungan ya begitu-begitu aja. Padahal kami gak hidup di kota besar yang serba mihil, sayang aja kalo uangnya cuma abis buat makan to?

Lagian, udah mulai boseeeen sama menunya, makan padang, sunda, jawa. Begitu-begitu aja. Trus porsinya suka bikin kaget, misal pesen cumi crispy, yang dateng cuma 4 potong. Kan kezel. :'( dan juga belum tentu sehat, secara kita ga tau itu pake MSG atau ga, si om yang jual udah cuci tangan belom, hehe.

Akhirnya, saya dan Kak Nanim memutuskan untuk yaudahlah masak sendiri aja, belanja mingguan, ternyata hasilnya jauuuuuh lebih hemat dan banyak, haha. Biasanya buat seminggu berdua habisnya itu >12 lembar si Bapak I Gusti Ngurah Rai. Sekarang cukup dengan 4 lembar aja buat seminggu, pake kembalian pula. *salawatan*

View this post on Instagram

Anak kost survival! 💪😋 #atakitchenstories

A post shared by Ata Permata Sari (@permatadewis) on

Cuma emang PR, harus masak jam 6 pagi. Tapi happy karena lebih hemat, juga sehat (kita emang komit gak pake MSG apapun jenisnya)! Uang segitu ternyata cukup banget buat makan siang malem, dengan menu lengkap. Nasi, sayur, lauk, menunya pun bebas. Biasanya ilham akan turun setelah subuh, baru deh gugling resep yang paling gampil, kalo gak ya campur sari karena akan tetep dimakan, enak ataupun gak enak juga. XD

Sudah jalan 1 bulan nih masak sendiri kaya gini. Minggu ke-2 kakak-kakak di kantor pada ikut, jadi mereka ikut iuran juga. Karena kasian makannya pada gak jelas. :’) jadi lebih semangat makan karena semua sekarang bawa bekallll! *dukung ata jadi duta bekal nasional* :)))

BTW, ada yang bawa bekal? Makan yuk! 😉

Previous Post Next Post

You may also like

48 Comments

  • Reply dani

    Waaah keren Ta. Tahu gak siiih…. Tadi sebelum jumatan gw kepikiran mau ngebekel juga. Masak di Sabtu Minggu gitu. Hihihi. Kereeen! Semoga istiqomah ya…

    November 27, 2015 at 12:35 pm
    • Reply Atabelle

      Paling gak senin-nya bisa ngebekel Mas, atau bikin lauk yang banyak trus difrozen buat seminggu 😀

      November 27, 2015 at 12:39 pm
      • Reply dani

        Nah itu rencananya. 😀

        November 27, 2015 at 12:40 pm
  • Reply Rissaid

    Ini kereen, lebih suka2 juga menunya. Semoga bertahaan :3

    November 27, 2015 at 1:17 pm
    • Reply Atabelle

      Aamiin, demi pundi pundi rupiah yang terselamatkan! :3

      November 27, 2015 at 1:26 pm
  • Reply Jejak Parmantos

    Lah masuk kantor jam berapa Mba? aku kl masak buat sendiri aja butuh min 2 jam. Lha ini jam 6 baru mulai hehe

    November 27, 2015 at 1:17 pm
    • Reply Atabelle

      Jam 8 mas. Masaknya 15-30 menit aja cukup kok. 😀

      November 27, 2015 at 1:25 pm
  • Reply heywabbit

    Aku juga bawa bekal Ta. lebih irit, karena kadang di kantin itu bosen menunya 🙂 masaknya dari malem, paginya tinggal dipanasin deh. Plus bawa buah biar gak ngemil di sela lunch ke jam pulang kantor.

    November 27, 2015 at 1:28 pm
    • Reply Atabelle

      Kalo di Jkt kayanya emang gak keburu masak pagi-pagi ya Kak hihi. Nah, iya buah, bener juga. Biasanya cuma makannya malem doang, besok2 bawa kantor ah. :3

      November 27, 2015 at 5:15 pm
  • Reply rahmattrans

    Wah…. kalau masalah bekal memang bisa ngirit dan bikin sehat tuh. Hehe 😀 Saya walaupun cowok yg identik jarang bawa bekal, tetap suka juga bawa bekal kalau ada yang masak di rumah.. hehe 😀 soalnya seru lho… apalagi pas makan ada teman-teman yang pingin nyobain makanan yang saya bawa.. seruuuu…!!! Hehe 😀

    November 27, 2015 at 2:37 pm
    • Reply Atabelle

      Yup! Tukeran lauknya hahaha walopun masakan yang dibawa mungkin ga gitu enak, tapi bisa icip punya temen *dasarrr* 😛

      November 27, 2015 at 5:18 pm
  • Reply ndu.t.yke

    Cobain resepnya JTT deh 🙂 anti gagal insyaalloh 🙂

    November 27, 2015 at 3:18 pm
    • Reply Atabelle

      Iya Mam, kebetulan aku fansnya Mba Endang hihi sejauh ini sukses semua resepnya. Yipiyey! 😀

      November 27, 2015 at 5:19 pm
  • Reply shiq4

    Hemat pangkal kaya deh kayaknya. Jadi keinget waktu mahasiswa dulu juga masak sendiri sama temen2. Padahal cowok semua lhooo. Rasanya? Gak enak sama sekali masakanan he he he tapi dikuatin demi menghemat pengeluaran

    November 27, 2015 at 8:21 pm
    • Reply Atabelle

      Ya ampun kalo ga enak mending beli aja kayanya ya. Daripada sakit perut. 😛

      November 29, 2015 at 10:30 am
  • Reply NinaFajriah

    Ata calon menantu idaman ih, pinter masak 😀

    November 27, 2015 at 1:41 pm
    • Reply Atabelle

      Aku aamiinkan dalam kebelumlayakan, ya Kak Ninaaa *padahal happy dipuji :p

      November 27, 2015 at 5:17 pm
  • Reply nengwie

    Tapi memang betul ko, masak sendiri jauh lebih hemat, jd selamat mengumpulkan pundu-pundi rupiaaaah 🙂

    November 28, 2015 at 4:51 am
    • Reply Atabelle

      Teh Wie apa kabar? Lama ga keliatan hihi. Iyaaa demi masa depan cerah *naon Neng?* XD

      November 29, 2015 at 10:31 am
      • Reply nengwie

        Alhamdulillah sae…baiik, itulah lama ngga kelihatan karena alasan yang dududu hihi

        Khan bekal buat ntar pas berkeluarga, tos pinter masak tah, janten istri binangkit kitu neng Geulis 🙂

        November 29, 2015 at 11:30 am
  • Reply Intan Novriza Kamala Sari

    Ata keren bangeeet. Kemarin aku sempat masak, tapi sekarang balik beli nasi padang lagi 🙁 Air masih sereeet. cuma cukup buat mandi sama nyuci baju doang. Dampaknya ya boroooosss :'(

    November 28, 2015 at 6:15 am
    • Reply Atabelle

      Ntaaan, tiati kolesterol 🙁 air galon yang isi ulang aja gimana?

      November 29, 2015 at 10:31 am
  • Reply adelinatampubolon

    Setuju Ata, aku juga bawa bekal ke kantor. Kadang kalau malas bangat pun cukup bawa tahu, tempe, telor dan sayur rasanya lebih enak daripada warteg sebelah yang nga jelas bumbu dan kebersihannya seperti apa? Dan aku juga berhasil nga makan nasi sebulan horeeee…

    November 28, 2015 at 10:50 am
    • Reply Atabelle

      Telor ceplok sama kecap sambel juga udah enak ya kalo buatan sendiri mah. 😀 demi apaaaa ga makan nasi sebulan? Diganti apa Kak Lin? :O

      November 29, 2015 at 10:35 am
      • Reply adelinatampubolon

        Benar cuma telor + sayur + sambal = maknyosss..

        Cuma lauk doang Ata (sayur + protein hewani). Biar nga ngantuk aja. kalau makan siang gitu pakai nasi gitu rasanya perut begah dan ngantuk. hehehe

        November 30, 2015 at 9:05 am
  • Reply fasyaulia

    Aku juga suka bekeeel. Abisnya kalau ga bekel suka pusing mikir makan apa dan dimana hahaha.

    Btw ini mah kamu udah istriable banget lah. Segera atuh ta! 😛

    November 28, 2015 at 4:27 pm
    • Reply Atabelle

      Setujuuuu, di sini pilihannya begitu2 aja pun :’)
      *panggilan kepada future husband, kata Fasya segera nikahin aku, yuk!* *dikata ngajak nikah kaya ngajak tamasya* 😛

      November 29, 2015 at 10:37 am
  • Reply md_ayomi

    makanan bekelnya mengggoda sekali, saya suka bikinin bekal buat suami tapi suka bingung menu karena setiap hari bikinnya, hahaha…

    November 29, 2015 at 5:11 am
    • Reply Atabelle

      Aku suka beli bahan acak aja, abis itu baru deh cari resepnya hihi *jangan ditiru 😛

      November 29, 2015 at 10:39 am
  • Reply Sekar

    kalo udah nguplek di dapur, ternyata asik juga ya mbak, hihi. Ditambah, banyak untung juga karena jadi lebih hemat. Sakses deh buat masak-masak cantiknya 😀

    November 29, 2015 at 5:03 pm
    • Reply Atabelle

      Masak masaknya ga cantik Mba :’)) tiap masak pasti baru bangun belom mandi hahaha tapi mungkin itu kuncinya *opo iki*

      November 30, 2015 at 7:15 am
  • Reply febridwicahya

    Dari menu yang dibuat, kayaknya kamu berbakat masak ya mbak 😀 wwwkwkwkw

    Ah, duta bekal satu ini kece deh ya :))

    November 29, 2015 at 9:03 pm
    • Reply Atabelle

      Aku berbakat kerja di air kayanya Feb 😛
      Kece…bur? Huh kamu jahat. *lah? Hahaha

      November 30, 2015 at 6:39 am
      • Reply febridwicahya

        wkwkwkw ya nggak keceeeebur -_- kece itu keren cekali mbak :p wkwkwk

        December 2, 2015 at 1:43 pm
  • Reply Hyusea

    Seketika syok baca seminggu bisa ngehabisin uang >12 lembar i gusti ngurah rai… Subhanallah…. gue aja yang anak kos dan tingal di Jogja harus bisa bertahan hidup dengan modal 500 ribu perbulan…. Duh….

    Ayo masak sendiri mbak, emang enak kok… Sekalian bisa belajar jadi mantu yang baik :3

    Hahaha. Salam kenal, kunjungan pertama :))

    November 29, 2015 at 11:01 pm
    • Reply Atabelle

      Hahaha di Jogja enak ya bersahabat bgt sama kantong biaya hidupnya. XD
      Siaaaap! Ini sebenernya jd mantu ato jadi pembantu deh :’))) makasih ya, silahkan main2 di mari. *suguhin teh*

      November 30, 2015 at 6:39 am
  • Reply Hyusea

    Ini pake moderator nggak sik komennya? Kayaknya udah koment…

    Hmmm…

    November 29, 2015 at 11:02 pm
  • Reply Gara

    Wow itu judulnya anak kos bikin bekal sendiri tapi penampakannya sudah seperti masakan di restoran terkenal, kayaknya anak kosnya koki semua kali ya (eh ini pujian lho :haha). Iya sih lebih hemat lebih sehat, tapi peer… ya namun berhubung dirimu menikmati jadi ya sah-sah saja. Ah coba dirimu kosnya dekat tempat saya, pasti saya ikutan nebeng dimasakin :haha *kemudian digampar*.

    November 29, 2015 at 5:47 pm
    • Reply Atabelle

      Aku aamiin-kan ah. Hihi ini juga karena masaknya berdua sama temen sekamar Bli. Kalo ga, mungkin keteteran juga. Aku belom jago sih abisnya :’))))
      Bisa jadi, ntar aku buka lapak catering deket kosanmu ya Bli (kalo deket) hahaha

      November 30, 2015 at 7:14 am
      • Reply Gara

        Kalau kerjasama memang hasilnya lebih baik ya Mbak :hehe.
        Wah, saya tunggu :hihi, mudah-mudahan kesampaian, ya.

        November 30, 2015 at 6:14 pm
  • Reply fitrimelinda

    aku lumayan sering bawa bekal ta, kalo sempat masak sih malamnya… 😀
    kalo masak subuh, mesti bangun jam 4 pagi, soalnya aku kerja masuknya jam 7..
    emang lebih sehat dan lebih hemat sih ya kalo bawa bekal, setidaknya kita tau apa yg kita makan, dan pastinya terjamin bersih..

    November 30, 2015 at 8:01 am
  • Reply D I J A

    Dija gak pernah bawa bekal ke sekolah
    karena di sekolah sudah disediakan makan siang dan cemilannya juga

    November 30, 2015 at 1:17 pm
  • Reply helga

    mau dong icip cumi nya

    *nelen ludah

    December 2, 2015 at 6:32 am
  • Reply fanny fristhika nila

    aku trmasuk yg jarang nih.. padahl pembantu tiap hari sih masak… tp ttp aja uk ke kantor lbh suka beli, supaya ga bosen aja sih mba… apalagi pembantuku ga gitu pinter masak.. cm suami slalu tuh bawa bekal ke kantor.

    December 7, 2015 at 8:56 am
  • Reply Tinggal Bareng Temen, Enak Gak Sih? – ceri(A)ta

    […] Baca juga: Ayo Bawa Bekal! […]

    May 22, 2017 at 8:05 am
  • Reply ceri(A)ta - Cara Hidup Rukun dengan Teman Serumah

    […] Juga: Ayo bawa bekal!Ayo bawa […]

    August 6, 2018 at 8:50 pm
  • Leave a Reply to md_ayomi Cancel Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    %d bloggers like this: