Ala Ata

Kue Sus-ku Gagal

Sempet tergelitik karena ada pernyataan, “Ah kamu mah jago masak Ta, enak!”

My dear friend, saya baru bisa masak, belum jago. I Swear *sambil nyanyi bareng Minions ^^’ Masak nasi aja saya baru bisa umur 20 tahun. Makanya sampe sekarang saya pernah kok masak keasinan, gak ada rasanya, atau bahkan kuenya gagal total. Tapi tetep aja pede diposting *urat malunya ketinggalan di rumah hihi

Kaya dulu saya sempet jualan Sus, kebetulan Sus-nya mau dianter jam 2 siang buat arisan di rumah temen saya, otomatis saya udah bikin dari pagi dong, ya. Tapi entah kenapa, mungkin saya lagi banyak pikiran emang pada dasarnya skip, eh Sus-nya gatot alias gagal total, bantet, gak mengembang sempurna. :'(

image

Padahal di dalem otak, saya kelar bikin Sus jam 11, lanjut dendong buat anterin Sus-nya, eh malah jadinya kelabakan deh tuh. Untung Sus-nya selesai persis jam setengah 2, dan langsung saya anter pake jasa om ojek aja (dulu Gojek belom masuk Palembang kaya sekarang, Sist) karena keburu kesel sama diri sendiri hahaha.

Setelah tenang, saya mikir salahnya di mana, kok bisa gagal, padahal tiap hari udah bikin Sus aja kerjaannya. Huftness. Ternyata penyebab Sus-nya gagal adalah:

  1. KURANG TELUR

Gak nyantai banget! ❗ secara telur adalah elemen penting dalam pembuatan sus, sus sendiri gak pake bahan pengembang, jadi kuncinya ya si telur. Karena telur yang saya masukkan ke adonan kurang dari takaran seharusnya, sudah bisa dipastikan sus saya gagal. *guling-guling di dapur*

  1. ADONAN MASIH TERLALU PANAS

Jadi waktu si telur dimasukkan ke adonan margarin dan terigu, adonan terigunya masih terlalu panas, si telur mateng dan jadinya gak mengembang. Syukur gak jadi scrambled egg.

  1. OVEN KURANG PANAS

Mesti diejek dulu kali ya biar β€˜cepet panas’. Ga deng, hihi. Saya lupa manasin oven dulu sebelumnya, makanya Sus-nya jadi melempem alias bantet!

Kalo mau Susnya mengembang dengan sempurna, jangan coba-coba hal-hal di atas yaaaa!

image

Alhamdulillah dengan kekuatan bulan, Susnya jadi tepat waktu, dan mengembang sempurna πŸ˜€

Previous Post Next Post

You may also like

48 Comments

  • Reply alaniadita

    Mbaa, kirimin dong Mbaaaaaaa..

    March 17, 2016 at 8:24 pm
    • Reply Ata

      Alamat mana alamat Mba? πŸ˜›

      March 19, 2016 at 6:40 am
  • Reply nengsyera

    Aq pnh bkin sus trs katanya enak
    Tp aq males bkin lagi
    Krn selalu kebanyakan dan aq males makannya trs ujung2nya dikasih ke orang haha

    March 17, 2016 at 8:53 pm
    • Reply Ata

      Hahaha males ini emang virus yang harus dibasmi ya Kak. πŸ˜€
      Masak telor dadar Padang aja Kak, aku mau satuuuu *malah rikues hihu

      March 19, 2016 at 6:41 am
      • Reply nengsyera

        Apa kita perlu latbar masak ya ta? Hahaha

        March 19, 2016 at 6:33 pm
  • Reply winnymarlina

    walau aggal tapi kok kelihatan enak ata

    March 17, 2016 at 10:02 pm
    • Reply Ata

      Iya Kak masih bisa dimakan, lumayan tertolong kalo dikasih filling. Tapi tetep ga bisa dijual ?

      March 19, 2016 at 6:42 am
  • Reply zahradiian95

    Aku suka kue sus…. suka banget.. tp ga bisa bikin hihihi

    March 17, 2016 at 10:44 pm
    • Reply Ata

      Beli aja zama aku. πŸ˜›

      March 19, 2016 at 6:42 am
    • Reply Ata

      Ya allah kenapa harus banget pake z! Hahaha sorry typo

      March 19, 2016 at 6:43 am
      • Reply zahradiian95

        Wih.. beli nih? Ga gratis nih mba ata? Hihi biasanya kan yg gratis lebih enak…

        March 19, 2016 at 6:44 am
        • Reply Ata

          Gratis satu, tapi beli 10 yaaa! *pelit hihi

          March 19, 2016 at 6:54 am
      • Reply zahradiian95

        Aku kira lagi Zamannya pake Z mba.. hahah

        March 19, 2016 at 6:45 am
        • Reply Ata

          Ngga. Sumpah sebel kalo typo hahaha. ?

          March 19, 2016 at 6:55 am
  • Reply assa

    Itu “sus” makanan daerah mana Ata? aku koq gak pernah nyadar ada “dia” πŸ˜€

    Btw, yg gagal itu tetep bikin nelen ludah .. πŸ˜€

    March 17, 2016 at 10:59 pm
    • Reply Ata

      Eropa bagian mana gitu, lupa. Hahaha eh ini nanya serius kan? Biasanya banyak kok di toko2 kue atau di tempat jajanan pasar. Ayo dicoba πŸ˜€

      March 19, 2016 at 6:44 am
      • Reply assa

        Iyya serius, atau akunya aja yang gak peka dengan kehadiran “sus” ini πŸ˜€

        March 19, 2016 at 11:28 am
  • Reply Yusuf Saktian

    Ata, minta satu doongk πŸ˜€

    March 18, 2016 at 12:43 am
    • Reply Ata

      Boleh, 5 ribu hihi πŸ˜› *ditoyor

      March 19, 2016 at 6:45 am
      • Reply Yusuf Saktian

        *Akutoyor gratis aja kan susnya gagal πŸ˜€

        March 19, 2016 at 8:53 am
  • Reply ayanapunya

    Sus ini termasuk salah satu kue yang kusuka. Kapan-kapan mau belajar bikin ah

    March 18, 2016 at 6:40 am
    • Reply Ata

      Sama aku juga suka Mba, apalagi kalo isiannya enak. :9
      Monggo dicoba belajar, semoga sukses ya πŸ™‚

      March 19, 2016 at 6:46 am
  • Reply fitrimelinda

    aaakk..mau dong sus nya ataaa…pengen deh next time nyoba bikin kue sus..

    March 18, 2016 at 7:31 am
    • Reply Ata

      Hayoooo Kak cobain. Gampang kok (asal gak skip kaya aku) hihi. πŸ˜›

      March 19, 2016 at 6:47 am
      • Reply fitrimelinda

        hihih..ntar deh ta..kalo ga males..muahahahahaha

        March 23, 2016 at 7:23 am
  • Reply Gara

    Emangnya waktu adonan terigu sama margarin dipanaskan juga ya Mbak makanya mesti tunggu dingin dulu baru telurnya dimasukkan? Ah nggak apa-apa sih Mbak gagal dalam memasak, namanya juga belajar. Yang penting pede diposting dan dibagi ke perut-perut yang memerlukan, pasti hasilnya akan berkah banget :hehe. Semangat terus memasaknya, ya!

    March 18, 2016 at 7:55 am
    • Reply Ata

      Pas awal margarin dilelehkan trus baru tambah terigu Bli. Setelah kalis, didinginin dulu harusnya. Baru masuklah si telur. Waktu itu adonanku belom bener-bener hilang uap panasnya, jadi telurnya mateng. Dan gak membantu sus mengembang. 😐
      Gagal biasa ya kan Bli hihi asal gak gagal gagal mulu, bisa gulung tiker ?

      March 19, 2016 at 6:49 am
  • Reply finadamayanthi

    Kayaknya itu bukan gagal, cuma ‘sengaja’ dibikin inovasi baru hehe

    March 18, 2016 at 10:00 am
    • Reply Ata

      Iya, sus datar namanya ??? *selalu berpikiran positif yaa hihi

      March 19, 2016 at 6:50 am
  • Reply Dita

    duhhh kalo liat postingannya ata jangan pas laper dehhh, nyiksaaaa T_T
    kangen banget sama kue sus….udah lama ga makan

    March 18, 2016 at 11:24 am
    • Reply Ata

      Hahaha hayolooo Kak Ditaaa timbangan mana timbangan? *jahat πŸ˜›

      March 19, 2016 at 6:51 am
  • Reply fasyaandfriends

    Di mata ku….. *mata fasya and friends* huahahaha Ata tetep jago bikin kue!

    Dan itu……. pengen πŸ™ dibawa buat piknik kayanya ashooooy~

    March 18, 2016 at 11:33 am
    • Reply Ata

      Ehallooo Fasya and Friends! ?
      Aamiin, nanti cicipin kue aku ya trus direview masuk blog ya. *lah malah demanding :’)))))

      March 19, 2016 at 6:52 am
  • Reply NinaFajriah

    Wah tipsnya berharga nih, terima kasih ya. Penampakan sus yg bawah bener2 bagus ya Ta, warnanya pas gitu. Ata pinter masak ih *cubit pipi Ata* πŸ˜€

    March 18, 2016 at 6:13 am
    • Reply Ata

      Jadi kapan bikin susnya Kak? Ntar aku mampir ya πŸ˜€
      Aaaa tidak, colek aja boleh Kak hahaha

      March 19, 2016 at 6:46 am
  • Reply Rissaid

    Aaak unyuk bgt yg failednya, kyk kembang. Tp ujungnya sukses. Kereen!

    March 18, 2016 at 3:52 pm
    • Reply Ata

      Saaaa kamu positif bgt pikirannya ya :* padahal aku udah hampir mewek gara2 susnya bantet gitu πŸ™
      Makasih lho hihi

      March 19, 2016 at 6:53 am
      • Reply Rissaid

        Wkwkwk abis lucu beneraan. Iaa mba Ataa, next resep lg yaak

        March 21, 2016 at 10:30 am
  • Reply Ratna Dewi

    Aku suka banget kue sus baik itu yang dalamnya fla atau krim. Pengen banget bisa bikin sus tapi sayangnya nggak punya oven, huhu.

    March 18, 2016 at 8:46 pm
    • Reply Ata

      Lebih praktis beli ya Mba. Tapi semoga ada rejekinya buat beli oven. πŸ™‚

      March 19, 2016 at 6:54 am
  • Reply momogrosir

    gagal sebagai pembelajaran. jadi tau untuk percobaan kedua harus bagaimana

    March 18, 2016 at 10:42 pm
    • Reply Ata

      Betuuul! Terima kasih ?

      March 19, 2016 at 6:54 am
  • Reply elfarqy

    Kue sus ini asin gak rasanya? yang ada keju nya itu kan? aku buta kue, pokoknya bisa dimakan gapapa deh. Abaikan soal nama πŸ˜€

    March 19, 2016 at 9:35 am
  • Reply hlga

    jajan favorit akuh inih
    fail atau nggak, yang penting enak mah gak masalah sih

    bismillah aja sebelum makan πŸ˜€

    March 19, 2016 at 12:27 pm
  • Reply iuef

    Yg gagal gak ngembang malah jgn dikasih filling, dimakan gitu aja malah enak loh, gurih, lembut

    March 20, 2016 at 8:47 am
  • Reply febridwicahya

    Waaaa Mbak Ata udah siap nikah nih, udah nyoba-nyobaa masak :p wkwkwk

    Aku nggak bisa mbak kalau bikin roti-rotian -_- sejauh ini yang aku bisa cuma masa telur, mie, sama nasi goreng πŸ˜€

    March 20, 2016 at 8:09 pm
  • Reply mrspassionfruit

    Aaaahh sus! Aku sukaaakk banget sama kue sus… Kalo pulang Indo pasti makan. Jdi kepengen bikin juga πŸ™‚ pernahnya bikin choux yang prancisan bukan ala ala indo sih, jadi rasanya beda

    March 21, 2016 at 7:07 pm
  • Reply Agenset Indonesia

    Yang gagalnya buat saya aja mbak, karena disini tmen-tmen saya pada doyan maem.. wkwk
    gpp gagal juga, kegagalan awal dari kesuksesan! selamat mencoba

    April 26, 2016 at 9:03 am
  • Leave a Reply

    %d bloggers like this: