Ala Ata

Resep Ketan Duren

We can’t be friend if you don’t eat durians!”

LOL. Becanda. Banyak kok temen-temen saya yang ga doyan makan duren. Tapi tentu aja lebih banyak yang suka. Bahkan sampe ada yang bilang duren tuh lebih ‘lembut’ daripada es krim vanilla. Makan-nya ga butuh effort pun (kecuali bagian buka durennya haha).

Bersyukur banget dari kecil saya selalu tinggal di tempat yang ga susah buat menemukan buah ini. Mama saya asalnya dari Tanjung Enim, daerah yang cukup terkenal punya duren manis-manis banget. Jadi suka dikirimin sama saudara kalo lagi panen. Duren tembaga-nya juara sih. Atau kalo lagi kangen duren banget, pas di Palembang saya bisa ke Pasar Kuto, even ga musim pun tetep ada yang jual. Ga ngerti dapet buahnya dari mana haha. Sekarang, di Bengkulu, salah satu penghasil duren di Sumatera, bahkan kalo lagi panen duren, harganya di-obral sampe cuma 5ribu aja. Hahaha. Mabok duren!

Minggu lalu saya dan Kak N beli duren di belakang kantor. 50rb dapet 3 buah. Biar ga cepet rusak, dagingnya dipisahin dari bijinya, trus simpen di wadah kedap udara. Di chiller bisa tahan sampe seminggu, kalo di freezer sih bisa berbulan-bulan. Sebenernya duren sudah cukup enak kalo dimakan langsung, tapi kemarin lagi rajin dan pengin bikin yang beda. Langsung deh eksekusi bikin Ketan Duren Lumer. Resepnya pun sungguh easy peasy lemon squishy~ cobain ya!

Baca juga: Resep-resep Ala Ata

Ketan Duren Lumer

Bahan:

500 ml santan (boleh banget diganti fibercreme biar less worry masalah kolesterol ya haha)
Daging duren secukupnya (saya pake 350 gram, tapi ditambah lagi juga gapapa, makin enak!)
100 ml gula kental manis
garam secukupnya (biar makin gurih aja)
gula secukupnya (kalo durennya udah manis, bisa diskip)
2 sdm tepung custard
1 sdm tepung maizena
(larutkan kedua tepung dengan sedikit air)

Cara Membuat:

1. Campur semua bahan kecuali larutan tepung. Masak hingga mendidih.
2. Masukkan larutan tepung, aduk rata hingga masak atau adonan meletup-letup.
3. Tuangkan di atas ketan.

Untuk ketannya, boleh pake resep masing-masing aja ya. Saya sih cuma dimasak pake air dan sedikit garam. Kalau mau lebih gurih, airnya bisa diganti santan.

Tekstur atasnya masih gradakan banget, kalo mau lebih halus, durennya bisa diblender bareng santan. But I prefer this texture tho

Masak segini bisa buat makan sekantor, bagi-bagi ke temen, dan sisanya masuk ke freezer. Kayanya bakal enak dimakan pake roti tawar atau jadi isian kue sus. *glek* Kata temen-temen yang udah cicip, rasanya eeeeennnnaaaaaak bangeeeeet, ngomongnya sambil merem melek ya hahaha! *hiperbole allert* Yay, happy! Bakal jadi resep andalan nih. 😉

Previous Post Next Post

You may also like

6 Comments

  • Reply Sandra Nova

    terus buatku manaaa?? hahahaha
    kebeneran di rumah lagi ada duren, pengen bikin ginian uga ah.. semoga pas pulang masih ada, ngga diembat Raya ma abah XD

    August 10, 2018 at 12:05 pm
  • Reply enny luthfiani

    Screenshoot ya mba. Enak banget kelihatannya. Saya pun penggemar duren, dan suka sedih lihat teman yang nggak suka duren. Rasanya mereka belum nyicip buah surga haha.

    August 10, 2018 at 12:40 pm
  • Reply prananingrum

    wah enak..pingin nyoba resepnya…tfs mbak

    August 10, 2018 at 3:24 pm
  • Reply Zahra Rabbiradlia

    OMG mba… Udah mah doyan duren, penampakan ketan duren ini bikin mupeng 😦

    Trus foto²nya kece. Kereen!

    August 10, 2018 at 3:49 pm
  • Reply Afifah

    Nggak suka duren, tapi suka kalau diolah. Kalau dibuat seperti ini juga sepertinya suka.

    August 15, 2018 at 11:31 pm
    • Reply ata

      Ini teksturnya masih kaya duren buah sih Mba, tapi coba aja, siapa tau suka 😀

      August 16, 2018 at 7:54 am

    Leave a Reply

    %d bloggers like this: