Ala Ata

Kue Mangkok atau Kue Apem?

Sebagian udah ketawa, sebagian masih mingkem XD

Sebagian udah ketawa, sebagian masih mingkem XD

Entahlah, yang jelas ini kue kesukaan saya dari jaman piyik. Dulu kalau ikut Mama ke pasar, pasti mampir ke toko Koko yang jual aneka jajanan tradisional. Dan kue ini selalu menjadi pilihan saya, warnanya yang merah muda tentunya menarik di mata. Sampai sekarang pun saya tetap suka. Walaupun kadang dilarang Mama karena kebanyakan jajanan tradisional sekarang dicampur bahan macem-macem yang bikin ngeriiii. *korban reportase*

Kemarin karena kangen makannya dan kebetulan dibeliin tape singkong, jadilah saya bikin kue ini. Enak, tapi terlalu lembut menurut saya, gak sekenyal yang suka dibeli di pasar. (Update: setelah dibiarkan dingin, ternyata hasilnya kenyal persis kaya yang dijual di pasar. Horray! XD )

Kue Apem

Untuk 10-15 buah

Bahan:

  • 250 ml Air
  • 125 gr Gula
  • 125 gr Tepung Beras
  • 25 gr Terigu
  • 100 gr Tape Singkong, haluskan
  • 1 sdt Ragi (jangan lupa dicek masih aktif atau gak ya)
  • 1 sdt Baking Powder

Cara Membuat:

  • Masak air dan gula hanya hingga gula larut (gak perlu sampe mendidih), sisihkan
  • Uleni tepung beras, terigu, dan tape hingga rata. Masukkan air gula (pastikan sudah suam kuku ya, berabe dong kalo masih panas 😐 karena nanti akan dicampur ragi, biar raginya gak mati) sedikit demi sedikit, hingga adonan menjadi encer.
  • Setelah rata, masukkan ragi. Aduk. Simpan selama 30 menit, jangan lupa ditutup.
  • Sambil nunggu, bisa dipake buat bersihin cetakan dan nyiapin kukusan. Setelah 30 menit, aduk adonan sampai buihnya hilang. Masukkan baking powder. Aduk rata.
  • Tuang adonan di cetakan sampai penuh. Kukus 15 menit. Tutup kukusan jangan lupa dibalut dengan serbet bersih, ya. Plus jangan buka tutup kukusan. Pasrah aja, in shaa Allah dengan keyakinan yang kuat beserta doa, apemnya akan berhasil. *uopo iki
  • Setelah matang, diamkan hingga dingin. Baru deh dikeluarkan dari cetakan. Siap dimakan.

    Kue mangkok zoom-in hihi

    Kue mangkok zoom-in hihi

Apem memang sederhana, tapi buat saya banyak kenangannya. Kue tradisional yang kamu suka apa? πŸ™‚

Source: Klik-klik

Previous Post Next Post

You may also like

20 Comments

  • Reply santi

    ga begitu suka apem sis. tapi kalo dikasih ya ga nolak *lemah* πŸ˜›
    kalo akyuuu paling sukika sama klepon. trus kalo ada acara2 apa gitu, suka disuruh buatin sama orang rumah. brb, buka po klepon di ig πŸ˜€ πŸ˜€

    April 14, 2015 at 10:13 am
    • Reply Atabelle

      *bagi bagi apem ke mba sis* πŸ˜›
      Ih aku dulu pernah mau jualan klepon buat tugas kuliah mba, sok-sok inovasi bikin klepon cokelat keju, gagaaaal. Rasanya kek daging busuk kata mamaku huahaha aib bangettttt! Udah paling bener klepon apa adanya dah :mrgreen:

      April 14, 2015 at 10:21 am
  • Reply Fahmi (catperku)

    Udah lama banget nggak makan kue apem >,< dulu tiap kali ada tetangga yang selametan, pasti deh ada kue apemnya tiap dapet berkat πŸ˜€ Enak ini meski kue tradisional~

    April 14, 2015 at 11:33 am
    • Reply Atabelle

      Feelin’ nostalgic ya mas kalo makannya. πŸ˜€

      April 14, 2015 at 11:58 am
      • Reply Fahmi (catperku)

        Lha iya~ tapi sejak berkutat di jakarta udah jarang banget makan apem. Kalau pas di kampung halaman sih sering πŸ˜›

        April 14, 2015 at 12:01 pm
  • Reply rinasusanti

    udah di catet mau nyoba akh…

    April 14, 2015 at 12:06 pm
    • Reply Atabelle

      Semoga berhasil Mba πŸ˜‰

      April 14, 2015 at 12:30 pm
  • Reply enci harmoni

    saya suka banget kue manis2, kukus-kukus, seperti apem ini, tapi mau bikin kok males, hihi padahal keliatanya mudah tu…

    April 14, 2015 at 12:14 pm
    • Reply Atabelle

      Mudah bingo kalo kata anak jaman sekarang Mba πŸ˜€ tinggal campur aduk aduk beres

      April 14, 2015 at 12:30 pm
  • Reply Rere

    kaya bolu kukus ya ta bentuknya bikinnya gampang pula hihihi aku kurang suka kue2 tradisional gini, yang suka suamiku tuh. tapi ada yg paling aku suka, kue rangi yg pake gula merah hahaha itu enak bgt πŸ˜€

    April 14, 2015 at 12:56 pm
    • Reply Atabelle

      iya mirip kak re, papaku juga ngira ini kue kukus pas baru masak *toeeeng πŸ˜€
      serius deh aku baru tau kue rangi kak, sampe gugling. rasanya kaya apa kak? tadi liat bentuknya kaya kue pukis tapi dikasih topping, pengiiiin. :9

      April 14, 2015 at 2:20 pm
  • Reply NisadanChicco

    Iihhh ini aku bilangnya apem sukaa banget!! Apalagi kalau dicocol dikelapa

    April 14, 2015 at 1:18 pm
    • Reply Atabelle

      Sayangnya kmrn gak ada kelapanya kak, lebih cucok pasti yaaa XD

      April 14, 2015 at 2:21 pm
  • Reply Chichi

    Paling suka kue lumpur..
    πŸ˜€

    April 14, 2015 at 1:20 pm
    • Reply Atabelle

      jadi laper siang-siang begini :9

      April 14, 2015 at 2:27 pm
  • Reply mawi wijna

    Ibu saya pernah bikin kue mangkok ini. Tapi kok lengket ya? Setelah dingin pun masih lengket di cetakannya. Apa cetakannya perlu dioles margarin? Tapi nanti pengaruh ke rasanya?

    April 19, 2015 at 10:35 am
    • Reply Atabelle

      Harusnya sih gak lengket mas kalo udah dingin. Gak kok, gak perlu dioles lemak, pun cetakannya gak perlu diangetin dulu. Udah sesuai resep langkahnya?

      April 19, 2015 at 4:44 pm
      • Reply mawi wijna

        Coba nanti aku tanya Ibu lagi. Gara2 lengket itu jadi males bikin kue mangkok, hehehe

        April 19, 2015 at 5:02 pm
        • Reply Atabelle

          Wah sayang sekali padahal relatif mudah dan murah Mas, hihi. Iya coba ditanya ibunya, diusahain ngikutin langkah dan kl bisa bahannya jangan dikurang/ditambah, semoga berhasil eksperimen kue mangkok selanjutnya. πŸ˜€

          April 19, 2015 at 10:35 pm
  • Reply dedy oktavianus pardede

    kalo mamaku biasonyo pakek tepung beras full, ini ditambahin terigu biar ngapo yo dek?

    June 7, 2015 at 10:23 pm
  • Leave a Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    %d bloggers like this: