Daily Life

Museum Ullen Sentalu Bersama Kupu-Kupu

Jadiiii sudah beberapa tahun belakang saya memendam rasa buat ke Museum ini. (((memendam rasa))) Kenapa? Karena (kayanya) bagus! XD Saya tau dari Kakaknya patjar beberapa tahun lalu, dan dia bilang museum ini favoritnya. Kalo sudah jadi favorit, pasti kece dong ya. Akhirnya masuklah museum ini dalam itinerary trip saya ke Jogja bulan kemarin.

Sebenernya saya mau ke sana tanggal 25 Desember yang bertepatan dengan Natal. Karena gak mau kecele udah jauh-jauh naik ke atas taunya tutup, jadi saya make sure dulu dengan telpon ke museumnya (dapet dari situsnya), dan ga ada yang angkat. Fix batal dan diresched ke besoknya. :'(

Besoknya pagi-pagi saya udah dijemput Mas Patjar dan siap berangkats! Sebelumnya sarapan dulu di Bebek Congratulations #ifyouknowwhatimean πŸ˜› Kenapa makan di sini? Karena kata Mas Patjar lebih enak daripada yang di Palembang. Taunya iya. Sedap! Lebih berbumbu dan lebih asin. Setelah kenyang kami pun melanjutkan perjalanan. Lumayan jauh dari pusat kota dan harus naik ke atas. Tapi perjalanannya gak kerasa lama, karena sepanjang jalan banyak kupu-kupu kuning berterbangan! Serius deh saya sama Mas Patjar sampe nganga karena takjub dan kita kesenengan. Awalnya saya ngira itu daun yang gugur, ternyata kupu-kupu, Pemirsa. Wihhh happy! *lope lope di udara*

Puas ngeliat kupu-kupu, pemandangan sebelah kanan berganti ke Puncak Merapi. *iya anaknya buta arah mata angin, taunya cuma kanan kiri* Kata Mas Patjar, puncaknya ini jarang-jarang bisa keliatan karena biasanya suka ketutup awan, manalah mendung. Tapi nama pun rejeki anak solehah, walaupun sedikit berawan, puncak merapinya tetep keliatan jelas dong! Yay! Sayangnya pemandangan di atas gak ada yang kefoto karena udah tersepona duluan, trus nyesel deh karena ga bisa pamer. πŸ˜› *dihajar*

Setelah hampir satu jam, kami pun masuk ke Kawasan Wisata Kaliurang. Tiketnya 1k untuk motor, dan 3k/orang. Total kerusakan 7k saja. Gak lama dari gerbangnya, akhirnya sampe juga di Museum Ullen Sentalu. Ternyata udah rame dong, Mas Patjar langsung sigap beli tiket saya duduk manis sambil selfie, harganya 30k/orang. Setelah beli tiket, kita gak langsung masuk karena nanti bakalan dipandu sama tour guide. Biasanya satu rombongan kasidah tour berisi maks. 20 orang saja, dengan durasi 50 menit. Gak lama nunggu kita pun dipanggil. Museum tour kali ini di pandu oleh Mba Rina. Dan iya, seperti yang sudah sering saya baca, no camera allowed dan dilarang menyentuh barang koleksi. Di dalem kita diceritain tentang sejarah Keraton Jogja mulai dari awal bersatu sampe pecah dua, trus pecah lagi, diceritain juga tentang Sultan Jogja dan Sunan Solo, silsilahnya pun dijelasin tapi saya gak inget. Sampuuun.

20151226_105317

Harga Tiket untuk Dewasa: 30k. Turis mancanegara 50k. Tiket sudah termasuk Minuman yang akan diberikan di sela-sela tour.

Oiya buat info aja, museum ini adalah museum swasta, di dalemnya ada rumah si pemilik. Tiap dinding museum dilengkapi lukisan maupun patung, jadi guidenya seolah-olah story teller dengan media lukisan dan patung-patungnya. Di sini juga dijelasin tentang batik, baik batik Jogja maupun batik Solo. Bedanya, batik Jogja lebih maskulin sedangkan batik Solo cenderung feminin, dan sebenernya motif batik punya arti tersendiri lho. Ada yang untuk nikah, pun buat duka juga beda lagi. Jadi jangan sampe salah pake motif ya! Bahaya hihi.

Selain lukisan dan patung, adalagi koleksi Arca. Kamu tau Ganesha? Nah perutnya gede kan, ya? Konon katanya itu isinya ilmu semua. Percaya gak percaya. πŸ™‚

Relief Candi Borobudur yang dibuat miring. Minuman yang konon katanya bikin awet muda dan awet sehat. Relief di sekitar pintu keluar museum

BTW, sebelum tournya diakhiri, kita bakal disuguhi dengan minuman yang katanya bikin awet muda. Saya juga ga tau terbuat dari apa tapi saya gak suka. :'( Padahal haus tapi saya gak habis hahaha. Di tempat ini kita juga udah boleh foto-foto.

View this post on Instagram

Museum date! πŸ‘« #f8rdyta

A post shared by Ata Permata Sari (@permatadewis) on

si Mba-nya yang udah gatel pengin foto! XD

Di akhir tour, kita akan dipandu memasuki area yang ada replika relief candi Borobudur-nya, tapi miring. Konon katanya karena pihak museum prihatin dengan semakin melemahnya minat anak-anak muda kaya saya terhadap budaya Jawa. Di sini Mba guide-nya sukarela fotoin lho. Cihuy. Daritadi udah gatel pengen foto-fotoin museumnya karena instagramable banget!

20151226_120929

Restoran Beukenhof. Kayanya enak, sayang kita gak nyoba karena mau buru-buru turun ngejer ke musem lain. πŸ˜€

Setelah hampir 1 jam tour pun selesai, di deket gerbang ada restoran Beukenhof juga kalo laper. Atau di sepanjang gerbang keluar museum juga ada yang jual jajanan, dari baso sampe sate kelinci. Hiyyyy *bergidik*

Kesan saya setelah ke Museum Ullen Sentalu, seneeeeng! The best lah pokoknya, walaupun harga masuknya mungkin agak lebih pricey dari museum-museum lainnya, tapi gak bakal ngerasa rugi. Dalemnya adem, koleksinya terawat jauh dari debu-debuan, toilet banyak dan bersih, ada musholla pun. Durasi tour yang agak lama, gak berasa sama sekali. Wajib kunjung kalo ke Jogja. πŸ˜‰ Tapi jangan lupa ya, museumnya tutup kalo Senin.

Ehiya, masih pada inget kupu-kupu tadi? Saya berhasil fotoin karena ternyata ada di dalem museumnya. Gak jelas ya? Tapi serius deh kupu-kupu ini jadi highlight-nya, cantiiiiik! <3

20151226_120529-01

Perhatikan foto di atas, kalo kamu bisa bedain kupu-kupu kuning dan daun, kamu canggih! πŸ˜€

Museum Ullen Sentalu
Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Sleman, Yogyakarta
Telepon: 0274-895161
Tiket Masuk: Pengunjung Domestik 30k/Pengunjung Mancanegara 50k
Previous Post Next Post

You may also like

52 Comments

  • Reply fasyaulia

    Aku mah… Kesini enggak. Ke museum merapi keburu tutup *yaiya dateng jam 4* huahahaha. Fix gak dateng ke museum apapun selama di Jokja wkwk.

    January 3, 2016 at 10:18 am
    • Reply Atabelle

      Ih aku juga pengin ke Museum Merapi tapi ujungnya malah lebih milih ke Museum Affandi aja Sya *anaknya super labil πŸ˜›
      Udahlah fix kudu musti balik lagi nge-Jogja yuk!

      January 3, 2016 at 10:22 am
  • Reply santi

    belum pernah masuk. hihihi dulu jaman sering ke yojo. masih belum ada. iya ke yojonya jaman sebelum masehi πŸ˜› πŸ˜›

    January 3, 2016 at 10:24 am
    • Reply Atabelle

      Subhanallah Mba Sis, museumnya aja buka 97 berarti…… *dibekep* hahaha πŸ˜› πŸ˜›

      January 3, 2016 at 11:19 am
  • Reply Nadia Stephanie

    Aaah akhirnya pergi yaaaa.. asiiikk..
    Museum affandi bagus??

    January 3, 2016 at 10:48 am
    • Reply Atabelle

      Iyaaaa anaknya gampang panas liat postingan orang Kak hahaha. Untung kmrn ngikutin sarannya buat nelpon dulu. Kalo gak langsung kuciwa deh. :’)))
      Affandi bagus, warna warni walopun beberapa gak ngerti lukisannya πŸ˜› πŸ˜›

      January 3, 2016 at 11:21 am
  • Reply Elrani

    Wiiw… keren yah, sampai punya museum. Pasti banyak sejarah terukir di sana.

    January 3, 2016 at 11:58 am
    • Reply Atabelle

      Iyas Mba, paket komplit pula sejarahnya. ?

      January 3, 2016 at 5:21 pm
  • Reply dani

    *simpen buat nanti kalo main jogja lagi. Setiap ke sana kok saking pengennya leyeh leyeh gak ke museum sama sekali. Mupeeeng kalo bacnya mah.

    January 3, 2016 at 12:00 pm
    • Reply Atabelle

      Hahaha kalo liburan emang paling enak molor sampe siang trus leyeh-leyeh ya Mas Dan. Lumayan banget ke sini wisata sejarah sama A, Mas, pasti happy deh dia soalnya kmrn juga banyak ortu yang bawa anak-anaknya. Ga berasa kalo ternyata sambil belajar

      January 3, 2016 at 5:23 pm
  • Reply Jejak Parmantos

    Waah aku malah belum pernah kesini, padahal mantan anak jogja… secara dulu ngga begitu suka dengan museum sih hehe

    January 3, 2016 at 12:33 pm
  • Reply Puji

    Alu belom pernah kesini hehe,,, kalo bebek lebih enak lagi di asalnya di Solo. Enak banget!

    January 3, 2016 at 12:47 pm
    • Reply Atabelle

      Noted Kak. Semoga ada kesempatan jelajah bebek slamet di kota asalnya. ?

      January 3, 2016 at 5:24 pm
  • Reply nengsyera

    Uwaaaa ???
    Aq juga dulu ada ittenary ksni sm akang pas di yogya tp batal krn kami hrs balik stlh 12 jam di Yogya. Jadinya ke yogya bnr2 cm sbntr aja, sarapan pagi, ke rmh bude,dinner di prambanan abis itu bsk pagi udh di jakarta lagi.

    Iya itu museum katanya bagus bangeet dan aq liat di video klip KLa Project -Tidur lah Tidur yg syutingnya dsna.

    January 3, 2016 at 2:10 pm
    • Reply Atabelle

      Laaah baru tau kalo museumnya pernah jadi tempat syuting Kak. Emang kece sih ini museum *menuju yutub
      Boleh banget lho dijadwalkan buat hanimun ntar sama Akang ke sini hihi ???

      January 3, 2016 at 5:26 pm
      • Reply nengsyera

        Hahaha smoga ada budget buat honeymoon ta.
        Skrg mah fokus sm biaya nikahan dan isi2 rumah dlu ta ??

        Iya aq justru tau ullen sentalu pas di video klip itu.
        Kmrin coba ke Abhyagiri Resto di Prambanan ga ta?

        January 3, 2016 at 8:45 pm
        • Reply Atabelle

          Lah iya tapi kalo manten baru mah dimana aja berasa honeymoon ya Kak *belom kewong Ta belom* ??
          Ga kak, ga sempet ke candi-candian huhu sedih. Kece yaaa? Kalo ga salah Kak Syera pernah nulis ga sih?

          January 4, 2016 at 1:26 pm
  • Reply winnymarlina

    museumnya membuatku berkaca-kaca ata

    January 3, 2016 at 5:47 pm
  • Reply ijeverson.com

    berasa di bali..
    asik banget tuh museum date. tempat dating penuh edukasi.. πŸ™‚

    January 3, 2016 at 5:57 pm
    • Reply Atabelle

      Iyaaa pacaran edukatif πŸ˜›

      January 4, 2016 at 1:23 pm
  • Reply Sekar

    itu konsep bangunan dan tampilan museumnya baguuuss. tiketnya juga bisa dijadiin bookmark. Coba semua museum tampilannya kreatif, pasti nggak ngebosenin. Museum kok ya buatku identik sama study tour sekolah

    January 3, 2016 at 6:11 pm
    • Reply Atabelle

      Hahaha iya Kak mana nambah lagi bangunannya lho, tapi kmrn sayang belom jadi. Ide bagus! Tak cari lagi tiketnya di tas buat bookmark. πŸ˜‰

      January 4, 2016 at 1:24 pm
  • Reply Nia Nastiti

    Wah aku malah belum kesampaian ke sini. Seru banget ya pasti. Pengeen πŸ˜€

    January 3, 2016 at 8:51 pm
    • Reply Atabelle

      Banget. Ga berasa ke museumnya karena bagussss XD

      January 4, 2016 at 1:26 pm
  • Reply ulhia.putri

    Ini museum emg keren abis dan pas saya kesana, memorable abis soalnya kebetulan gabung 1 guide sama rio dewanto. Hihihi

    Btw salam kenal mba ata dan happy new year ??

    January 3, 2016 at 9:14 pm
    • Reply Atabelle

      Iiih kok enak? Kalo aku mah pasti udah salah fokus itu hahaha *sirik tanda tak mampu* ?
      Salam kenal juga Ulhia. Semoga makin sukses di tahun yang baru. ?

      January 4, 2016 at 1:29 pm
  • Reply denaldd

    Ata, Ullen Sentalu jadi museum pertama yang aku senangi di Indonesia. Setelahnya museum gajah di Jakarta. Ga tau kenapa, pas di Ullen Sentalu rasanya magis banget dan seneeng dengan cerita didalamnya. Tahun kemaren aku dan suami kesana pas bulan madu. Meskipun kesananya penuh perjuangan karena musti naik turun bis dan pulangnya ga dapat bis karena terlalu sore haha. Tapi kami pengen sekali balik kesini kalau ada kesempatan lagi ke Jogja. Sayang ya ga bisa poto2 didalamnya πŸ™‚

    January 4, 2016 at 3:30 am
    • Reply Atabelle

      Museum Gajah bagus ya Kak? Aku baru tau. Kayanya seru main ke museum2, jadi nagih hihi. Sama, aku juga pengin balik lagi, rasanya adem dan ga bosen ya Kak di dalemnya, ga berasa lagi belajar sejarah. Semoga ada kesempatan ke sana lagi buat Kak Deni dan suami. πŸ™‚

      January 5, 2016 at 10:23 pm
  • Reply Dita

    aku suka ke sini, tapi emang auranya agak2 gimana gitu yaaa, apalagi yang ada lukisan-lukisan sultan itu

    January 4, 2016 at 8:22 am
    • Reply Atabelle

      Ada lukisan yang 3D Kak, trus matanya bisa gerak searah sepatu katanya (ga ngerti juga) emoh bgt nyoba ngeliatnya. :’))))

      January 5, 2016 at 10:25 pm
  • Reply adhyasahib

    dan sebagai orang yg pernah kuliah di jogja dan ngekost di jalan kaliurang saya merasa malu belum pernah ke museum ini, hiks *tutup muka trus kabur*

    January 4, 2016 at 9:18 am
    • Reply Atabelle

      Ayooo ke sini Dhy, aku sebagai pendatang ngira kaliurang deket semua taunya panjang bgt dan museum ini kudu naik ke atas merasa sotoy bgt haha :’))))

      January 5, 2016 at 10:27 pm
  • Reply Hastira

    patut dikunjungi sepertinya

    January 4, 2016 at 3:00 am
  • Reply fanny fristhika nila

    outing kntor 2 thn lalu itu kita ke jogja, dan udh sempet voting apa mau ke museum ini ato ke daerah2 pantai gunung kidul… aku yg bukan pecinta pantai, jelas aja milih museum ulen sentalu… tapi apa daya, kalah suara ama yg lainnya, yg lbh milih pantai panas -__-..

    January 4, 2016 at 9:40 pm
    • Reply Atabelle

      Huahaha, aku justru pengin ke pantainya Kak, tapi karena jauuuuh bgt ternyata jadi batal. :’)))))))

      January 5, 2016 at 10:29 pm
  • Reply Es Lilin di Museum Affandi | Ceri(a)ta

    […] Bahaha gaya banget deh ya, padahal cuma 2 museum aja yang didatengin. ^^’ Setelah paginya ke Museum Ullen Sentalu, siangnya saya beranjak ke Museum Affandi, lokasinya lebih ke tengah kota. Jadi dari Ullen Sentalu […]

    January 10, 2016 at 6:27 pm
  • Reply Gelato – Ceri(a)ta

    […] mumpung di Jogja kan ya, jadi saya masukin tuh dalem itinerary saya. Tenang, saya cuma nyobain 2 tempat aja kok. […]

    January 13, 2016 at 10:46 pm
  • Reply Ety Abdoel

    Belum keturutan pengin kesini. Semoga, bisa kesini besok minggu-senin. Mumpung libur.

    February 6, 2016 at 3:07 pm
    • Reply Atabelle

      Gimana? Udah ke sini Mba? πŸ™‚

      February 13, 2016 at 8:38 pm
      • Reply Ety Abdoel

        Belum jadiii, anak-anak minta lihat keramaian imlek di solo…

        February 14, 2016 at 5:49 pm
  • Reply rita asmaraningsih

    Jalan2 ke museum, why not ya? Kenapa aku luput ya selama ini dengan destinasi yang satu ini.. Jadi pengen mengunjungi museum di kotaku dan mengeksplor jejak sejarahnya..

    February 26, 2016 at 8:56 pm
    • Reply Ata

      Iyaaa. Banyak banget yang bisa dieksplor sebenernya di museum, wisata sambil belajar sejarah. *gerakan mendukung museum date 2016* #eh

      February 27, 2016 at 9:46 am
  • Reply Ke Museum Ullen Sentalu Bersama Kupu-Kupu

    […] Baca selengkapnya… […]

    February 26, 2016 at 8:01 pm
  • Reply Vixalexa

    Noted dulu alamat nya klo lg Yogya kali aja bisa mampir :p thanks

    February 29, 2016 at 5:02 pm
  • Reply Farida

    Ah jd pingin jalan sambil ditemani banyak kupu2😍

    November 5, 2017 at 1:57 am
  • Reply Lia Harahap

    Tahun lalu aku ke Yogya ga sempet ke sini. Tapi ini aksesnya aman buat pengendara motor kan ya, Mbak?

    November 5, 2017 at 8:24 am
    • Reply ata

      Aman, in shaa Allah soalnya kemarin waktu aku ke sana juga pake motor πŸ˜€

      November 6, 2017 at 5:08 am
  • Reply Es Lilin di Museum Affandi – ceri(A)ta

    […] Bahaha gaya banget deh ya, padahal cuma 2 museum aja yang didatengin. ^^’ Setelah paginya ke Museum Ullen Sentalu, siangnya saya beranjak ke Museum Affandi, lokasinya lebih ke tengah kota. Jadi dari Ullen Sentalu […]

    November 12, 2017 at 10:27 am
  • Leave a Reply to ijeverson.com Cancel Reply

    %d bloggers like this: