#VisitBengkulu

[Rabu Seru] #VisitBengkulu Berkunjung ke Rumah Ibu Fatmawati Soekarno

Rabu seru? Apaan tuh? Jadi saya mau mulai berusaha posting rutin, in shaa Allah doain stabil mood-nya ya. 🙂 Untuk hari Rabu, namanya Rabu Seru. Maksudnya posting tentang apapun yang seru, mulai dari jalan-jalan sampe review film, buku, ataupun lagu.

Minggu pertama weekend lalu, karena bosan di kos, saya dan roommate, Kak Nanim, mencoba bertualang jadi angkoters untuk pertama kali di Bengkulu. Sebelumnya anter cucian dulu ke londri kiloan seberang kos yang ternyata cuma 5000 perak. Alhamdulillah bahagia. XD

simpang lima

Simpang Lima

Jl. Fatmawati tepat di pusat kota Bengkulu. Kalo dari Jl. S. Parman, ketemu simpang lima, selamat! Kamu berada di jalan yang benar. *krik* Langsung deh belok kiri. Rumahnya gak jauh setelah itu, sekitar 100 meter. Mungkin karena pagi, jadi masih sepi pengunjung. Waktu itu cuma kami dan (kayanya) dedek SMA seorang. Begitu masuk ternyata ada penjaganya, asyik deh bisa tanya-tanya.

20150517_114528-01

Di ruang tamu ada foto Bapak Soekarno dan Ibu Fatmawati. Lalu juga ada 2 buah manequin yang dipakaikan baju Ibu Fatmawati. Masuk ke dalam, ada 2 kamar. Kamar sebelah kiri berisi tempat tidur, lemari, dan kaca rias. Kamar di depannya berisi foto-foto Ibu Fat dan Bapak Soekarno plus mesin jahit yang digunakan untuk membuat bendera merah putih yang dikibarkan pada tanggal 17 Agustus di Jakarta.

btw foto saya yang ini diregram sama @visitbengkulu, lho. *ya terus? 😛

Sebelum ke sini, saya sudah gugling dan baca sedikit tentang sejarah Ibu Fat. Jadi Ibu Fatmawati adalah anak dari Bapak Hassan Din yang merupakan aktivis pergerakan nasional. Ibu Fat berparas manis dan santun. Pertama kali melihatnya Bapak Soekarno langsung jatuh hati. Namun waktu itu Ibu Fatmawati masih terlalu belia pun Bapak Soekarno sudah beristri Ibu Inggit dengan 2 anak yang diangkatnya.

Bapak Soekarno memang belum secara terang-terangan menyatakan cintanya. Namun mereka semakin dekat karena Ibu Fatmawati yang seumur dengan anak angkat Bapak Soekarno, Ratna, tinggal di rumah Bapak Soekarno. Puncaknya, terjadi ketegangan antara Ibu Inggit dan Bapak Soekarno. Ibu Fatmawati pun memutuskan untuk pindah dari rumah tersebut. Sampai akhirnya beberapa tahun kemudian Bapak Soekarno dengan Ibu Inggit memutuskan untuk berpisah. Dan akhirnya Bapak Soekarno dan Ibu Fatmawati menikah.

20150517_114711-01 20150517_114728-01 20150517_114738-01 20150517_114808-01 20150517_114908-01 20150517_115222-01

Sejarahnya panjang tapi sayang tempat wisata ini cukup sepi dibanding Rumah Pengasingan Bung Karno yang hanya berjarak beberapa puluh meter saja dari rumah ini. Saya juga kurang tahu alasannya kenapa. Semoga rumah peninggalan Ibu Fatmawati ini tetap terawat agar terus bisa dikunjungi oleh wisatawan. Aamiin. Yuk #exploreBengkulu!

Previous Post Next Post

You may also like

17 Comments

  • Reply Fahmi (catperku)

    Suka sekali datang ke tempat bersejarah seperti ini, seakan bisa kebawa ke masa lalu meski tanpa mesin waktu 😀 *nanti kalau ke bengkulu mampir juga*

    June 24, 2015 at 12:43 pm
    • Reply Atabelle

      Iyaa sama padahal dulunya ga suka hehe tapi makin ke sini makin suka karena banyak cerita di baliknya ya Mas. 😀

      June 24, 2015 at 8:27 pm
  • Reply Ceritaeka

    Waaah aku pengen ke rumah ini. Moga-moga kapan-kapan bisa. Semenjak liat pilemnya beberapa tahun lalu jadi pengen banget ke sini. Sinyal XL oye kan? Jadi bisa poto-poto dan upload sosmed deh hihihi

    June 25, 2015 at 6:53 am
    • Reply Atabelle

      Sinyal XL kalo buat internetnya katsaaaw di sini Kak. Ini aku sampe ganti provider. XD

      June 25, 2015 at 4:37 pm
  • Reply fasyaulia

    Liat fotonya rasanya beda ya hawa disana hehehe 😛

    June 25, 2015 at 11:39 am
    • Reply Atabelle

      Iyaaa agak-agak spooky ya Sya, makanya ga berani lama-lama, 15 menit kelarrrr. XD

      June 25, 2015 at 4:46 pm
  • Reply febridwicahya

    Wohooooo tempat-tempat bersejarah 😀 suka mbak tempat gitu? Sini dong ke Jogja 😀 banyak tempat bersejarah loh :p

    Setiap rabu bakal ditungguin nih rabuserunya :3

    June 26, 2015 at 2:33 pm
    • Reply Atabelle

      Mauuu, ada yang mau sponsorin aku gak ya kira-kira Feb? *kemudian ditendang* 😛
      Horee ada yang nungguin, jadi makin semangat nulis. *kemudian mikir mau ke mana lagi*

      June 26, 2015 at 7:58 pm
  • Reply [Ala Ata] Klapertaart Tanpa Dipanggang | Ceri(a)ta

    […] RabuSeru, hari Jumat jadwalnya A la Ata, resep-resep gampang yang udah dicoba dengan sukses dan tips dapur a […]

    June 26, 2015 at 7:55 pm
  • Reply Avant Garde

    cerita soal bu Fat aku taunya dr film soekarno, terlepas dr beliau ibu negara pertama, aku justru kasian sm istri pertama bung karno, buk inggit

    November 28, 2016 at 8:37 am
    • Reply Ata

      Iyaaaa.. Bu Inggit kaya ‘tenggelam’ gitu ya :’)

      November 30, 2016 at 11:41 am
  • Reply Avant Garde

    ditenggelamin sm suaminya 🙁

    November 30, 2016 at 11:42 am
  • Reply 3 Pantai wajib kunjung di Kota Bengkulu – Ceri(a)ta

    […] Gunung, Bukit, Air Terjun, sampai tempat-tempat bersejarah seperti Rumah Pengasingan Bung Karbo dan Rumah Ibu Fatmawati. Namun yang orang-orang kebanyakan tau ya objek wisata cuma yang itu-itu melulu. […]

    December 29, 2016 at 12:46 pm
  • Reply Intan Novriza Kamala Sari

    Cakep tapi sepi. Kalo sendirian aku ga berani masuk. huhuuuu

    May 18, 2017 at 7:56 am
  • Reply kumaseo

    sayan belum pernah kesana. kapan2 mau kesana juga ahh..

    May 19, 2017 at 6:01 am
  • Reply zefy arlinda

    Rabu seru ya Ta? Aku suka dengan kata rabu seru, kedengaran bahagia gitu Ta 🙂

    May 20, 2017 at 2:47 am
    • Reply ata

      Harus bahagia apalagi yang baru dapet cincin itu di jari manis #eh 😛

      May 22, 2017 at 5:04 am

    Leave a Reply to zefy arlinda Cancel Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    %d bloggers like this: