#VisitBengkulu

3 Pantai Wajib Kunjung di Kota Bengkulu

Ke Bengkulu tapi ga ke Pantai? Sama aja kaya makan siang tapi tanpa karbohidrat, kurang lengkap rasanya deh. Secara Bengkulu kan daerah pesisir yang sudah tentu banyak pantainya. Jadi wisata wajib kalo ke Bengkulu ya Pantai. πŸ™‚

Karena banyaknya pantai di sini, maka saya akan fokus ke pantai-pantai yang berada di Kota Bengkulu-nya sendiri dulu ya.

1. Pantai Teluk Sepang

Pantai yang lumayan jauh dari pusat kota. Jaraknya sekitar 20 KM dari Simpang 5 Ratu Samban. Untuk lebih mudahnya, Pantai ini berada di Kelurahan Teluk Sepang yang dekat dengan Kantor Pelindo di Pulau Baai. Dinamakan Pantai Teluk Sepang karena berada di kelurahan Teluk Sepang. ^^’ Setelah melewati Kantor Pelindo, kita masih harus melewati perkebunan dan jalan setapak (yang hanya bisa dilewati motor).

Namun semua perjalanan terbayar dengan pemandangan yang akan kamu dapat. Pantainya ga padat pengunjung yang bisa jadi nilai plus dan minus juga sih sebenernya. Selain itu masih sangat bersih. Jangan harap bisa berenang di sini ya karena banyaknya karang di pinggir pantai. Kegiatan yang paling saya senangi di sini adalah mencari kerang, selain kerang kamu juga akan bertemu dengan ubur-ubur maupun bintang laut. Tapi ga saya ambil juga sih, karena buat apa? πŸ˜€

Saya gak merekomendasikan kamu ke sini sendirian, karena daerahnya cenderung sepi dan jauh dari jalan raya. Banyak banget berita kriminal di pantai ini kalo saya browsing di om google. Waktu saya mau ke sini sama mas patjar juga ga dibolehin sama atasan saya, bahaya. Jadi kalo mau ke sini rame-rame aja ya.. Tambahan juga, kalo ke sini wajib bawa bekal sendiri karena ga ada yang jualan. πŸ˜› boro-boro jualan, orang aja ga ada. Dan juga ga dipungut biaya retribusi.

2. Pantai Sungai Suci

Sudah pernah saya bahas sebelumnya. Kalo kata Kak Nisa mirip pantai-pantai di Sidney karena banyak karangnya. Kalo kata penduduk sini, mirip Tanah Lot di Bali.Β  Di pantai ini kita ga bisa main-main pasir di pinggir pantainya apalagi berenang karena ombaknya gede banget. :_) Bahkan walaupun kita cuma bisa menikmati pantai ini dari atas karang, juga harus ekstra hati-hati karena lagi-lagi ombaknya gede.

Sama seperti pantai Teluk Sepang, jaraknya agak jauh dari pusat kota. Sekitar 12 KM dari Simpang 5 Ratu Samban. But totally worth it. Serius deh pantainya bagus banget. Menikmati angin semilir sambil minum air kepala muda, berasa surga~ penjelasan lebih lengkap bisa mampir di sini ya. πŸ˜€

3. Pantai Panjang

Pantai yang sangat ikonik. Orang-orang pasti taunya pantai di Bengkulu ya Pantai Panjang. Kenapa disebut Pantai Panjang? Menurut Wikipedia, karena garis pantainya sendiri mencapai 7 KM dengan lebar pantai sekitar 500 M. Gede banget ya, bahkan letaknya mencakup 3 kecamatan sekaligus, Ratu Samban, Teluk Segara, dan Ratu Samban.

Pantai Panjang

Karena letaknya dekat dengan Sport Center, saat akhir pekan, banyak sekali pedagang yang menjual beragam penganan, mulai dari rujak buah sampai dimsum sekalipun. Kalau libur sekolah atau sedang long weekend, wih pengunjungnya akan bertambah berkali lipat. Mungkin ini juga yang membuat pantai ini agak sedikit kumuh, banyak banget yang buang sampah sembarangan! Kadang sampe kesel sendiri liatnya, bisa berkunjung namun ga bisa menjaga kebersihan.

BTW, di Pantai Panjang, kamu bisa menyewa sepeda jika malas jalan kaki untuk menyusuri tepi pantainya. Atau kalau mau yang anti-mainstream bisa juga menyewa Delman. Lagi-lagi sama seperti kedua pantai sebelumnya, di sini ada peringatan untuk tidak berenang karena ombak yang tinggi.

Sedikit catatan buat pemerintah kota dari saya pendatang yang apalah ini, menurut saya di Bengkulu banyaaaaak sekali objek wisatanya, sayang belum tereksplor dengan baik, mulai dari Pantai, Danau, Gunung, Bukit, Air Terjun, sampai tempat-tempat bersejarah seperti Rumah Pengasingan Bung Karbo dan Rumah Ibu Fatmawati. Namun yang orang-orang kebanyakan tau ya objek wisata cuma yang itu-itu melulu. Sayang…

Dari ketiga pantai di atas, adakah pantai yang sudah kamu kunjungi? πŸ˜€

Tulisan ini dibuat dalam rangka menjawab tantangan #MenulisSerempak tentang #PantaidiBengkulu oleh #BloggerBengkulu

logo-bb

Previous Post Next Post

You may also like

42 Comments

  • Reply winnymarlina

    baru ke pantai panjang saja

    December 29, 2016 at 12:49 pm
    • Reply Ata

      Mba winny tar kalo ke sini lagi mampir ke pantai2 yang deket sama pantai panjang yaaa.. ada pantai jakat dan malabero. Deket banget.

      December 29, 2016 at 1:39 pm
  • Reply Dita

    duuuhh mudah2an tahun depan kesampaian ke Bengkulu nih

    December 29, 2016 at 1:38 pm
    • Reply Ata

      Kaditaaa kedatanganmu kutunggu~~~ *joget dangdut

      December 29, 2016 at 1:39 pm
  • Reply Avant Garde

    aku bingung yg mana pantai zakat, pantai tapak paderi, pantai panjang :p
    pantai sungai suci arah ke muko2 bukan sih? yg ada pulau ala2 tanah lot?
    aku ke bengkulu 3x baru kali terakhir ke pantai huhu..

    December 29, 2016 at 2:33 pm
    • Reply Ata

      Iyaa arah ke Bengkulu Utara Mas, Muko-muko juga sih. Pantai zakat yang banyak orang renang, tapak paderi yang banyak bebatuannya, kalo pantai panjang yang ruame tapi ga boleh renang. πŸ˜€

      January 5, 2017 at 8:08 am
      • Reply Avant Garde

        oh, berarti aku baru ke pantai panjang doang, yg dekat mall BM, jalan kaki 5 menit dr rumah kawan hehe..

        January 5, 2017 at 2:03 pm
        • Reply Ata

          Bener itu Pantai Panjang Mas. ? main lagi ke sini biar bisa dateng ke pantai-pantai yang lain hihi

          January 8, 2017 at 3:58 pm
  • Reply Puji

    Pernah dong ke Pantai Panjang, ke rumah bung karno, ke benteng apa ya namanya tiba – tiba lupa

    December 29, 2016 at 6:16 pm
    • Reply Ata

      Fort Marlborough Kak. πŸ˜€ nah ntar ke rumah Fatmawati yaaa, tetanggaan kok sama rumahnya Bung Karno

      January 5, 2017 at 8:09 am
      • Reply Puji

        Iya, semoga bisa balik lagi ?

        January 7, 2017 at 5:45 pm
        • Reply Ata

          Aamiin. ?

          January 8, 2017 at 3:49 pm
  • Reply mfadel

    Aih, sayang nggak bisa berenang di pantainya -_- Belum pernah ke Bengkulu sih, gara-gara baca ini jadi pengen

    December 29, 2016 at 7:26 pm
    • Reply Ata

      Hayuuuuk, silahkan ke Bengkulu, dijamin ga nyesel πŸ™‚

      January 5, 2017 at 8:09 am
  • Reply Intan Novriza Kamala Sari

    Pas kuliah semester awal dulu pernah piknik sama temen-temen sekelas ke Sungai Suci. Naik jembatan sambil jejeritan, makan siang sambil ditemani angin sepoi-sepoi, amboooiii surgaaa! Tapi enaknya rame-rame sih ke sini, ya Ta. Biar seruuu! πŸ˜€

    December 30, 2016 at 6:38 am
    • Reply Ata

      Aku pertama kali ke sana juga deg-degan Ntan pas nyebrang pake jembatannya. Tapi sekarang udah ada 2, dan yang baru kayanya lebih aman.

      Benerrr, makin rame makin seru! πŸ˜€

      January 5, 2017 at 8:10 am
  • Reply innaistantina

    waaaaa pengen banget eksplorasi pantai di luar jawa, selama ini pantai di Jawa terutama Jogja yang uda dijelajahi, dan main ke pantai itu selalu ngangeninnn ^^

    December 30, 2016 at 7:18 am
    • Reply Ata

      Justru aku belom pernah eksplor pantai di Pulau Jawa. Pantai Ancol doang hahahaha itu masuk hitungan ga yaaa πŸ˜€

      January 5, 2017 at 8:11 am
  • Reply DC Shoes Indonesia

    wihh keren thank info ya ka.. liburan duluuu yuhuuu
    salam kenal πŸ™‚

    December 30, 2016 at 3:20 pm
    • Reply Ata

      Salam kenal kembali

      January 5, 2017 at 8:12 am
  • Reply nyonyasepatu

    Belum pernah ke Bengkulu, cakep juga ya

    December 30, 2016 at 4:26 pm
    • Reply Ata

      Iya Mba, cuma belom kedengeran ya gaungnya hihi

      January 5, 2017 at 8:13 am
  • Reply F.

    Hi mbak,
    Aku ke Bengkulu tahun lalu. Sempet ke pantai panjang, itu juga cuman jalan aja di sepanjang jalan situ, yang ternyata kalo weekdays sepi ya buat jalan kaki sendirian. Terus ke tapak paderi, jakat sama mabero.

    Aku masih penasaran nyebrang ke pulau tikus (bener kan ya namanya?). Cuman katanya mesti rame2 ya kalo nyebrang ke sana?

    December 30, 2016 at 9:35 pm
    • Reply Ata

      Hallo Mba. Banyak juga ya, soalnya pantainya deket-deket sih ya hihi

      Bener, iya aku juga pernah post tentang Pulau Tikus ini, bisa via travel agent, atau bisa juga reramean pake perahu nelayan. Cuma kalo cuaca lagi begini jangan ke sana dulu, soalnya Bengkulu lagi badai mulu. Bahaya.. karena ke sana kan beneran ke laut lepas gitu. Tapi worth it banget soalnya bagusssss πŸ˜€

      January 5, 2017 at 8:15 am
  • Reply dewi Nielsen

    Belum pernah ke Bengkulu…Punya teman satu kost asal Bengkulu yang selalu menceritakan bagaimana kampung halamannya πŸ™‚

    Pantai Panjang looks so beautiful ya mbak πŸ™‚ bersih

    December 30, 2016 at 11:59 pm
    • Reply Ata

      Iya, mungkin karena ga boleh renang ya, jadi masih terjaga kebersihannya Mba. πŸ™‚
      Ayo ditunggu di sini, semoga ada kesempatan yaa

      January 5, 2017 at 8:16 am
  • Reply Relinda Puspita

    Teluk Sepang tuh, enak buat narsis.

    December 31, 2016 at 2:35 pm
    • Reply Ata

      bener, sepiiiiii hahaha

      January 5, 2017 at 8:16 am
  • Reply Sandra Nova

    Taaaa, ajak aku ke Bengkulu dooong.. mau kesanaaa hihihihi XD

    December 31, 2016 at 4:49 pm
    • Reply Ata

      Mamihhh ayo, kalo ke sini tak ajakin main ke mana aja πŸ˜‰

      January 5, 2017 at 8:16 am
  • Reply Dila

    Bengkulu salah satu yang aku pgn datengin, Ta. Pantai panjang, penasaran karena diceritain temen kuliah orang sana hihihi

    January 1, 2017 at 9:54 am
    • Reply Ata

      Ayo Ka Dilaaa, semoga ada kesempatan yaa. πŸ˜‰

      January 5, 2017 at 8:17 am
  • Reply Nita Lana Faera

    Dari ketiga itu, pantai Panjang kayaknya yang paling oke ya πŸ˜€

    January 4, 2017 at 8:29 am
    • Reply Ata

      Tergantung preference Mba, pantai panjang kadang too crowded. Jadi suka kotor gitu ?

      January 5, 2017 at 6:35 am
  • Reply cK

    Belum pernah ke bengkulu… *nangis*

    January 4, 2017 at 9:38 am
    • Reply Ata

      Makanya siniiiiiiiiiiiiiiii mengunjungiku ?

      January 5, 2017 at 6:35 am
  • Reply delftyaenha

    waah baca ini jadi pengen ke Bengkulu deh

    January 4, 2017 at 12:26 pm
    • Reply Ata

      Ayo mba ditunggu di Bengkulu ?

      January 8, 2017 at 4:04 pm
  • Reply Obat Flek Hitam Paling Ampuh

    wahh pantainya benar-benar sangat indah..

    June 1, 2017 at 8:27 am
  • Reply Pantai-Pantai Terbaik di Vietnam, Cantiknya Ngangenin! – ceri(A)ta

    […] Pantai yang berada di kawasan Selatan Vietnam ini menawarkan pemandangan yang indah dari jarak jauh maupun dekat. Pasir putihnya menghampar, dengan air laut berwarna biru yang semakin ke pantai warnanya makin muda dan jernih. Pantai ini dikelilingi oleh bukit berbatu putih, membuat pasirnya terlihat nampak jernih. […]

    August 30, 2017 at 12:04 pm
  • Reply Di Bali, Wajib Ke Pantai Ini! – ceri(A)ta

    […] Baca Juga: Tiga Pantai Wajib Kunjung di Bengkulu […]

    November 13, 2017 at 8:03 am
  • Reply Pantai-Pantai Cantik di Kaur, Bengkulu – ceri(A)ta

    […] β€œMau ke mana besok?” berhubung kita belum pernah ke Kaur dan konon kabarnyaΒ pantaiΒ di Kaur bagus semua, tanpa ragu-ragu kita pun setuju ke sana dan berangkat besok paginya. Lalu […]

    November 23, 2017 at 12:39 am
  • Leave a Reply to mfadel Cancel Reply

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    %d bloggers like this: